Bubur Juhi Kalimantan Pas Jadi Teman Hujan | Breaktime
Bubur Juhi Kalimantan Pas Banget Jadi Teman Hujan
27.01.2017

Hai, foodies B’timers! Bertemu lagi dengan resep ciamik dari Kokiku. Kira-kira kali ini Breaktime dan Kokiku akan share resep apa ya? Hmmm…. Penasaran, kan? Kali ini Breaktime dan Kokiku akan memberikan kreasi resep bubur yang dijamin yummy banget, deh. Anda pasti sudah tidak asing lagi kan dengan bubur.

Yup, bubur memiliki jenis yang beraneka ragam. Anda bisa mengolah bubur yang berbahan dasar beras ini dengan kreasi apapun sesuai kesukaan Anda. Tetapi Anda pasti bosan dengan resep olahan bubur yang itu-itu saja, kan? Nah, foodies B’timers harus coba salah satu kuliner khas daerah di Indonesia yaitu Bubur Juhi Kalimantan.

Kali ini, Breaktime memang akan memberikan resep Bubur Juhi a la Kokiku. Bahan dan caranya mudah banget, kok B’timers! Langsung saja yuk, intip kreasi resep masakan Bubur Juhi Kalimantan di bawah ini.

Bubur Juhi Kalimantan

Bubur Juhi Kalimantan Pas Jadi Teman Hujan | Breaktime
Beras adalah salah satu bahan utama untuk membuat bubur

Bahan-bahan :

  • 50 gram tulang ayam
  • 100 gram beras
  • 50 gram juhi
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 30 gram santan

Cara membuat :

  1. Siapkan didihkan air dalam panci kira-kira 1/3 panci. Kemudian masukkan tulang ayam saat air sudah mulai mendidih. Masukkan beras ke dalam panci. Aduk perlahan.
  2. Setelah itu, siapkan juhi dan iris kecil-kecil. Panaskan minyak dalam teflon dan goreng juhi pada minyak panas. Masak hingga setengah matang, kemudian campurkan pada beras yang sedang dimasak. Aduk hingga rata.
  3. Lalu, keluarkan tulang ayam dari panci. Biarkan beras dan juhi dalam api sedang. Anda bisa menumis bawang putih yang sudah dicincang dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan. Setelah matang, campurkan bawang putih ke dalam beras yang sedang dimasak tadi. Aduk hingga rata.
  4. Tambahkan garam, merica, dan gula secukupnya. Aduk hingga rata.
  5. Langkah selanjutnya adalah menambahkan santan dan mengaduknya hingga rata.
  6. Dalam proses ini, bubur akan semakin terlihat. Dan setelah matang, platting ke dalam mangkuk. Taburi daun bawang, bawang goreng, dan bawang putih di atasnya. Jangan lupa tambah dengan kerupuk pangsit.
  7. Sajikan.

Wah, ternyata beneran mudah lho foodies B’timers! Tak perlu waktu lama juga untuk membuatnya. Resep Bubur Juhi Kalimantan ini bisa banget dijadikan untuk sarapan, bekal makan siang, pengganjal lapar, atau bahkan untuk teman saat hujan. Bisa juga untuk mengisi waktu di akhir pekan dan sajian unik untuk tamu. Anda juga bisa mengintip resep lainnya di kokiku.tv atau channel Youtube kokikutv.  Happy cooking, foodies B’timers! (Kokiku)

Share This Article