Buat Sendiri Cita Rasa Jepang dari Chicken Katsu | Breaktime
Buat Sendiri Cita Rasa Jepang dari Chicken Katsu
25.12.2015

Chicken katsu merupakan salah satu Japanese menu yang terkenal di seluruh dunia. Berasal dari fillet ayam yang diberi tepung renyah, makanan satu ini cocok dihidangkan dengan berbagai saus. Meski B’timers bisa dengan mudah membelinya di berbagai restoran, sesekali coba bikin sendiri, yuk!

Buat Sendiri Cita Rasa Jepang dari Chicken Katsu | Breaktime
Warna kecoklatan yang menandakan sudah matang
bahan - bahan :
  • 500 gram daging ayam bagian dada
  • 200 gram tepung terigu seba guna
  • 1 butir telur kocok
  • 100 gram tepung roti atau tepung panir kasar
  • 250 ml minyak goreng
  • Garam dan lada secukupnya

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih daging ayam, buang kulit dan tulangnya. Pipihkan dengan menggunakan ulekan hingga ketebalan 1,5 cm.
  2. Bumbui daging ayam yang sudah pipih dengan garam dan lada secukupnya. Taburi dengan rata ke seluruh bagian ayam. Biarkan sejenak agar bumbu meresap ke dalam daging.
  3. Tuangkan tepung, telur, dan tepung roti ke dalam tiga wadah yang berbeda.
  4. Lumuri daging ayam dengan tepung, kemudian celupkan ke dalam kocokan telur. Lapisi dengan tepung roti sambil ditekan-tekan agar tepung menempel sempurna dengan daging ayam. Ketebalan tepung bisa disesuaikan selera Anda. Anda bisa mengulangi proses ini hingga 2-3 kali jika Anda mengingkan Katsu yang tebal lapisan tepungnya.
  5. Panasakan minyak goreng di dalam penggorengan di atas api medium. Masukkan daging yang sudah terbalur tepung ke dalam minyak panas. Tunggu 3-5 menit, balik untuk menggorek sisi selanjutnya. Goreng hingga kuning kecoklatan. Semakin tebal lapisan tepungnya semakin lama pula penggorengan dalam minyak.
  6. Angkat dan tiriskan chicken katsu yang sudah matang. Sajikan dengan sambal pedas dan mayo.

Tidak sulit bukan memasak chicken katsu dalam dapur Anda sendiri? Anda membutuhkan waktu kira-kira 15 menit untuk menyelesaikannya. Beri saus kare atau saus teriyaki di atas chicken katsu dan nasi Anda, dijamin rasanya akan mampu membuat B’timers melayang sampai ke Jepang. Selamat menikmati! (ft)

Share This Article