Buat Kue Kastengel Dengan Gurihnya Remah Keju | Breaktime
Buat Kue Kastengel Dengan Gurihnya Remah Keju
27.05.2017

Sebentar lagi sudah bulan ramadhan, Anda tentu sudah tidak sabar menunggu banyak menu spesial di penghujung bulan puasa. Mulai dari makan ketupat, opor ayam, hingga berbagai macam  kue kering yang enak dan renyah. Tanpa kue kering di atas meja ketika  hari raya, rasanya sajian menu kurang lengkap, ya. Ada kue putri salju, kue kacang, kue nastar, kue kastengel dan masih banyak lagi.

Sudah umum rasanya melihat kue-kue kering ini berada di atas meja ketika lebaran. Maka banyak sekali usaha kue dadakan untuk order saat lebaran. Harga per toplesnya juga lumayan untuk menambah uang saku untuk lebaran. Sebenanrnya, cara buat kue kering ini sangat mudah. Ada banyak resep kue kering yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Salah satu kue yang mudah dibuat dan jadi hidangan wajib salah satunya yaitu kue kastengel keju yang renyah dan gurih.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Makanan Simple Dengan Udang Bikin Nendang!

Untuk membuat kue kastengel, keju yang digunakan biasanya keju edam atau parmesan. Keju ini membuat aroma dan citarasa kue kastengel menjadi lebih enak dan sedap. Harga keju edam memang lebih mahal di pasaran, namun sebanding pula dengan aroma dan citarasa yang diciptakan pada kue kastengel yang akan Anda buat.

Lalu bagaimana cara membuat kue kastengel yang enak dan renyah? Berikut ini adalah resep membuat kastengel keju yang empuk dan bisa Anda buat sendiri di rumah bersama keluarga.

Bahan-bahan yang Anda perlukan yaitu tepung yang sudah diayak halus 400 gram, keju cheddar diparut halus 200 gram, susu bubuk 2 sendok makan, kuning telur 2 buah, margarin butter 300 gram. Untuk bahan olesannya yaitu kuning telur, susu kental manis seperempat sendok saja. Bahan topping kue kastengel yaitu keju yang sudah diparut.

Buat Kue Kastengel Dengan Gurihnya Remah Keju | Breaktime
Gurihnya keju dalam setiap butir kastengel
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kreasi Resep Camilan Renyah Di Lidah

Cara buat kue kastengel sangat mudah yaitu sangrai tepung terigu selama beberapa menit lalu diayak dan sisihkan. Ambil wadah, lalu tuangkan margarin dan kuning telur lalu kocok hingga tercampur dengan kecepatan yang sedang saja. Lalu masukkan keju cheddar yang telah diparut tersebut ke dalam wadah adonan dan aduk hingga rata. Tuangkan susu bubuk dan terigu hingga tercampur merata dan adonan bisa dicetak dengan mudah.

Adonan bisa dibentuk jika telah kalis. Setelah adonan kalis, kemudian dicetak atau dipotong dengan panjang yang sesuai selera Anda. Oleskan adonan kastengel yang telah dicetak-cetak tadi dengan bahan olesan dari kuning telur dan susu tadi. Lalu diatasnya ditaburi dengan parutan keju. Siapkan oven dengan mengatur suhu 125 derajat atau 140 derajat. Lalu masukkan loyang yang telah diatur kue kastengel diatasnya. Setelah matang, letakkan di dalam toples dan tutup rapat agar tidak mudah melempem.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Aneka Kue Basah ini Bawa Anda ke Masa Lalu

Nah, itu tadi resep pembuatan kastengel yang mudah dan enak tentunya. Tips untuk membuat kastengel jangan lupa untuk memperhatikan takaran bahan-bahan yang harus pas. Tepung terigu juga harus diayak halus untuk mendapatkan tekstur kue yang halus. Sebagai bahan olesan, susu dan kuning telur sebaiknya dicampur supaya lebih menmepel pada adonan kue Anda.

Tips yang lainnya, jika Anda tidak memiliki cetakan untuk kue, Anda bisa menggunakan pisau untuk mengiris sesuai panjang ataupun ketebalan kue yang Anda inginkan. Tips terakhir saat buat kue keju ini, masukkan kastengel yang sudah selesai dioven ke dalam toples, jika sudah dingin. Selamat mencoba ya! (rp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE