Bola-bola Bayam, Camilan Sehat Kaya Akan Nutrisi | Breaktime
Bola-bola Bayam, Camilan Sehat Kaya Akan Nutrisi
22.02.2017

Merasa kecewa serta stres karena buah hati Anda sulit untuk mengonsumsi sayuran, B’timers? Cobalah untuk membuat camilan yang menggunakan bahan dari sayuran. Anda dapat memilih daun bayam yang kaya akan nutrisi. Dan resep mudah membuat Bola-bola Bayam dengan menggunakan bahan-bahan di bawah ini, lho, B’timers.

Dan sebelum Anda muai mengolah Bola-bola Bayam untuk camilan buah hati Anda tercinta, ada baiknya menyimak terlebih dahulu manfaat yang ditawarkan oleh bayam untuk kesehatan tubuh Anda dan juga buah hati Anda. Ya, salah satu jenis sayuran yang cukup mudah ditemukan di setiap musim ini kaya akan gizi yang penting, lho.

Bayam dikatakan memiliki kemampuan untuk membantu mengembalikan energi, meningkatkan vitalitas dan juga meningkatkan kualitas darah. Hal ini dikarenakan bayam diperkaya dengan zat besi. Dan seperti yang kita ketahui, zat besi adalah bahan penting di dalam membantu meningkatkan fungsi sel-sel darah merah di dalam tubuh.

So, adalah pilihan yang paling sempurna untuk menghidangkan makanan yang terbuat dari daun bayam untuk buah hati tercinta, kan, B’timers? Yuk, segera Anda siapkan bahan serta bumbu untuk membuat Bola-bola Bayam yang rasanya akan membuat buah hati jatuh cinta dan juga ketagihan! Berikut ini resep mudah nan sehat!

Bola-bola Bayam, Camilan Sehat Kaya Akan Nutrisi | Breaktime
Anda bisa mencetak Bola-bola Bayam bentuk pipih

Bahan-bahan Bola-bola Bayam:

  • 200 gram bayam mentah, petik dan siangi daunnya
  • 50 gram keju Cheddar, parut
  • 100 gram bread crumbs atau tepung roti Jepang
  • 2 butir telur ayam, berukuran sedang
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang hingga halus
  • 1 siung bawang putih, cincang hingga halus
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 30 gram mentega tawar
Bola-bola Bayam, Camilan Sehat Kaya Akan Nutrisi | Breaktime
Sajikan Bola-bola Bayam dengan parutan keju dan salad

Cara membuat Bola-bola Bayam:

  1. Panaskan air di dalam panci yang berukuran sedang di atas api sedang. Tunggu hingga air mulai mendidih. Masukkan daun bayam yang telah disiangi sebelumnya dan rebuslah sampai bayam layu. Angkat, tiriskan dan cincang hingga halus. Sisihkan.
  2. Siapkanlah wadah yang berukuran sedang, masukkan bayam yang telah dicincang hingga halus, keju parut dan tepung roti Jepang. Aduk semua bahan hingga terampur secara merata.
  3. Tambahkan telur, bawang bombay yang telah dicincang hingga halus, bawang putih yang telah dicincang hingga halus, lalu aduk sampai semua bahan tersampur hingga rata.
  4. Bumbui dengan merica, garam dan gula. Aduk sampai merata.
  5. Masukkan mentega dan aduk kembali semua bahan tersebut sampai tercampur rata.
  6. Jika adonan sudah dirasa cukup rata dan rasanya sempurna, bagilah adonan menjadi sekitar 28 bagian. Setelah itu bentuk adonan menjadi bola-bola kecil. Lakukan hingga adonan Bola-bola Bayam habis.
  7. Anda bisa menyiapkan loyang berukuran sedang, dan olesi dengan minyak goreng secukupnya.
  8. Susun Bola-bola Bayam di atas loyang.
  9. Lalu panaskan oven hingga suhu sekitar 120 derajat Celcius. Jika oven sudah benar-benar panas, masukkan loyang yang telah diisi dengan Bola-bola Bayam.
  10. Panggang Bola-bola Bayam di dalam oven selama kurang lebih 20 – 30 menit atau sampai Anda mendapatkan permukaan dari Bola-bola Bayam berwarna kecoklatan.
  11. Jika sudah benar-benar matang, angkat dan dinginkan.
  12. Sajikan Bola-bola Bayam selagi masih hangat bersama dengan saus tomat, saus sambal ataupun mayones, B’timers.
Bola-bola Bayam, Camilan Sehat Kaya Akan Nutrisi | Breaktime
Disajikan saat masih hangat, bikin Bola-bola Bayam makin nikmat

Anda juga bisa mengolah Bola-bola Bayam dengan cara digoreng dengan terlebih dahulu dilumuri oleh telur yang telah dikocok lepas, kemudian digulingkan di atas tepung roti Jepang, B’timers. Ya, Bola-bola Bayam memang unik dan tidak sulit untuk membuatnya. Selamat mencoba, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE