Bikin Nagih! Ini Resep Sate Jamur Bumbu Kecap | Breaktime
Bikin Nagih! Ini Resep Sate Jamur Bumbu Kecap
19.11.2017

Jamur adalah bahan masakan yang sangat simple tapi seru karena bisa diolah jadi macam-macam masakan. Kita bisa memasaknya dengan cara digoreng, ditumis hingga dibakar. Kalau B’timers suka mengolah jamur jadi masakan apa, nih? Nah, kali ini Breaktime mau berbagi resep sate jamur bumbu kecap yang bikinnya sangat mudah sekali.

Yang namanya masak sendiri pastinya menyenangkan kalau pakai bahan yang sederhana dan cara masaknya juga tidak ribet. Apalagi, kalau Anda sering tidak punya waktu buat mempersiapkan masakan di rumah. Tapi, jangan sampai itu menghalangi Anda buat bikin masakan sehat sendiri dari rumah. Seperti resep yang akan kita coba kali ini, bahan utamanya jamur tiram yang sangat mudah didapat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manis Segarnya Rujak Serut Bumbu Kacang

Masakan sederhana ini pun cocok untuk lauk maupun dibawa untuk bekal sekolah maupun ke kantor. Buat makan malam juga enak sekali, karena kalau sate lebih cocoknya disantap saat malam hari, kan. Kalau begitu langsung saja kita intip bahannya apa saja dan gimana cara memasaknya, ya.

Untuk membuat sate jamur ini, bahan-bahan yang harus disiapkan adalah: 350 gram jamur tiram, 7 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 sendok teh garam, 10 buah cabai rawit hijau, kecap manis secukupnya, 2 sendok makan margarin, minyak goreng secukupnya, dan terakhir arang.

Sekarang, kita mulai membuat sate jamur ini. Setelah semua bahan tadi disiapkan dengan rapi, kita membuat bumbu halusnya, yaitu haluskan bawang merah, bawang putih dan garam. Kemudian, panaskan minyak goreng dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai harum. Tambahkan 4 sendok makan kecap manis, aduk-aduk sesekali.

Bikin Nagih! Ini Resep Sate Jamur Bumbu Kecap | Breaktime
Persiapan membakar sate jamur bumbu kecap (cr. Blog Elsaelwin)

Nah, berikutnya masukkan jamur tiram, aduk-aduk, masak hingga air yang keluar dari jamur mengering, kemudian dinginkan dan sisihkan. Sekarang kita siapkan untuk membuat saus olesan sate jamur bumbu kecap ini. Haluskan cabai, lalu panaskan margarin dan tumis cabai yang sudah dihaluskan, masukkan kecap manis, aduk-aduk sebentar lalu matikan api.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gulai Daun Singkong, Sajian Sehat Keluarga Bahagia

Kalau sudah semua tadi, sekarang  tinggal menyiapkan untuk membakar sate jamurnya. Yumm. Tusuk jamur yang sudah dingin hingga habis, kemudian olesi dengan saus olesan. Bakar di atas bara arang sampai agak kering, tapi hati-hati jangan sampai gosong, ya. Setelah sate matang, sudah siap disajikan.

Sate jamur dengan bumbu kecap ini punya cita rasa manis sekaligus pedas. Perpaduan rasanya sangat lezat dan berpadu sempurna ketika disantap. Memakai margarin menambah rasa gurih dan mempertegas rasa sate yang bahan-bahannya sangat sederhana ini. Serunya lagi, Anda bisa menyesuaikan takaran pedasnya dengan selera kesukaan Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Serunya Bikin Resep Chiffon Cake Pandan Lembut

Menikmati sate ini juga bebas dijadikan lauk dan dimakan dengan nasi, atau mau buat camilan juga bisa. Kalau mau menyiapkannya untuk bekal anak-anak, ada baiknya dibikin tidak terlalu pedas atau tidak pedas sekalian. Supaya buah hati tidak kepedasan ketika menikmatinya. Selain unik dari segi rasanya, memasak jamur dengan dijadikan sate ini juga jadi cara beda yang seru untuk menikmati jamur.

Nah, kalau biasanya masak jamur ditumis atau digoreng, kali ini kan bisa dijadikan variasi menu baru, dengan membuat sate jamur. Sudah begitu, bahan dan resepnya pun tidak ribet sama sekali. Akan cocok juga kalau menikmati masakan ini saat santai di akhir pekan bersama keluarga, nih. Selain itu, B’timers juga bisa lho, foto sate jamur bumbu kecap ini dan mem-posting-nya sekaligus share resepnya dengan teman-teman biar mereka ikut mencoba memasaknya. Seru!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE