4 Makanan Lezat yang Tercipta Tak Sengaja | Breaktime
4 Makanan Lezat yang Tercipta Tak Sengaja
27.10.2015

Hampir setiap masakan memiliki sejarahnya masinng-masing. Ada masakan yang sengaja diciptakan dengan riset dan penelitian yang memakan waktu lama, namun ada juga masakan yang tercipta tanpa sengaja, seperti berikut ini:

1.  Potato Chips

4 Makanan Lezat yang Tercipta Tak Sengaja | Breaktime
Kini potato chips dijual dengan beraneka pilihan rasa

Pada tahun 1850-an, seorang koki bernama George Crum membuat sebuah camilan yang berbahan dasar kentang. George yang bekerja di Saratoga Springs, New York ini dimintai salah satu pelanggan untuk membawakannya sebuah masakan dari kentang dengan bentuk potongan yang sangat tipis. Awalnya George merasa bingung, ia akhirnya memutuskan untuk memotong kentang yang sudah bersih dengan irisan tipis lalu dibumbui dan kemudian digoreng. Dari sinilah camilan gurih ini berawal.

2. Yogurt

4 Makanan Lezat yang Tercipta Tak Sengaja | Breaktime
Biasanya dicampurkan dalam salad atau dikonsumsi secara langsung

Ya, produk olahan susu ini awalnya tidak diciptakan secara sengaja. Belum diketahui secara pasti siapa yang pertama kali menciptakan olahan yang satu ini. Berawal dari endapan susu yang ada pada dasar tempat penyimpanan, yogurt ini kemudian mulai dikenal setelah diketahui rasanya yang khas.

3. Sandwich

4 Makanan Lezat yang Tercipta Tak Sengaja | Breaktime
Roti isi yang populer di seluruh dunia

Roti isi sederhana ini sebenarnya diciptakan secara tidak sengaja. Earl of Sandwich merupakan penemu makanan praktis ini di abad ke-17. Earl adalah seorang bangsawan yang gemar bermain kartu bersama rekan-rekannya. Suatu ketika, ia merasa lapar akan tetapi ia sangat malas untuk masak. Saat ia pergi ke dapur, ia menemukan satu batang roti dan juga daging iris serta beberapa sayuran. Tanpa pikir panjang, ia memasukkan daging serta sayuran tersebut ke dalam roti. Selain rasanya yang enak, cara makannya juga praktis karena bisa dipegang dengan satu tangan.

4. Nachos

4 Makanan Lezat yang Tercipta Tak Sengaja | Breaktime
Saus nachos memiliki rasa khas yang menggugah selera

Salah satu makanan khas Meksiko ini terdiri dari keripik tortila serta saus dan beberapa pelengkap lainnya. Awalnya, nachos tidak sengaja dibuat oleh Ignacio Anaya dalam sebuah perjamuan. Setelah merasakan masakannya sendiri, Anaya merasa tertarik untuk membuatnya dalam skala besar dan ternyata masakannya disambut baik oleh tetangga-tetangganya. Inilah awal nachos bisa terkenal sampai ke penjuru dunia.

Tak menyangka ya, masakan yang tercipta karena ketidaksengajaan ternyata bisa disukai hingga kini? Mana favorit B’timers?

Share This Article