Intip Kuliner Betawi di Festival Palang Pintu! | Breaktime
Yuk, Intip Kuliner Betawi di Festival Palang Pintu!
10.06.2015

Mencari kuliner khas Betawi di Ibu Kota terbilang susah-susah gampang karena Anda bisa harus berkunjung ke kampung Betawi di kawasan Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan makanan-makanan unik asli Betawi, mungkin Anda bisa menikmatinya di Festival Palang Pintu X yang di gelar di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Festival ini diselenggarakan jelang peringatan ulang tahun Kota Jakarta yang ke-488 yang jatuh pada 22 Juli mendatang.

Acara rutin yang digelar setiap tahun ini selalu dibanjiri pengunjung, baik itu warga Ibu Kota maupun turis mancanegara yang turut menyaksikan ragam kebudayaan khas Betawi. Festival ini menghadirkan puluhan stand pakaian, makanan, dan pernak-pernik unik lainnya. Selain puluhan stand kuliner, festival budaya juga menjadi salah satu acara yang menarik bagi pengunjung karena menghadirkan budaya lokal dan tentu saja gratis.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan aneka makanan khas Betawi seperti Roti Buaya, Kerak Telor, Es Selendang Mayang, Dodol Betawi, dan tidak ketinggalan minuman herbal Bir Pletok. Minuman herbal ini terbuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Meski namanya bir, tapi minuman khas Betawi ini dijamin bebas alkohol dan harganya pun cukup terjangkau, sekitar Rp 5 ribu saja.

Intip Kuliner Betawi di Festival Palang Pintu! | Breaktime
Bir Pletok

Selain itu, Anda juga bisa menemukan Kerak Telor dengan harga berkisar Rp 10-20 ribu. Makanan asli Betawi yang terbuat dari beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan). Cara pembuatannya disangrai kering yang ditambah dengan bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Soal rasa, tentu Anda sudah bisa membayangkan kelezatannya.

Intip Kuliner Betawi di Festival Palang Pintu! | Breaktime
Kerak telor

Untuk dessert, B’timers bisa mencicipi Dodol Betawi dengan harga sekitar RP 25 ribu per-besek. Ada juga Es Selendang Mayang, Rp 8 ribu saja. Es Selendang Mayang adalah salah satu minuman tradisional Betawi. Di acara-acara tertentu seperti Lebaran, minuman ini biasa disajikan dengan label ‘minuman Betawi jadul’. Selain menyegarkan, minuman ini dapat mengurangi rasa lapar karena dibuat dengan bahan dasar tepung beras.

Intip Kuliner Betawi di Festival Palang Pintu! | Breaktime
Es Selendang Mayang

Bagaimana B’timers, Anda tertarik untuk mencoba jalan-jalan sekaligus berwisata kuliner khas Betawi? Jangan lupa bernostalgia dengan kuliner Betawi yang kini sudah mulai langka!

Share This Article