Rasain Kuliner Banjar di Festival Kuliner Bekasi | Breaktime
Yuk, Hunting Kuliner Khas Banjar di Festival Kuliner Bekasi
01.10.2015

Bingung mencari tempat hangout yang seru? Anda coba saja datang ke Summarecon Mall Bekasi. Salah satu Mall raksasa di Kota Patriot itu tengah mengadakan hajatan besar yakni, Festival Kuliner Bekasi ‘Kampung Banjar’. Di sini Anda bisa menemukan ragam jajanan dan kuliner nusantara dengan balutan suasana khas Kampung Banjar.

Saat tiba area terbuka Sumareccon Mall Bekasi, Anda akan disambut dengan puluhan bangunan serupa bubungan tinggi. Bangunan buatan itu adalah rumah adat Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Bagian bawah masing-masing bangunan yang biasanya berfungsi sebagai kolong rumah kini disulap etalase makanan yang menjajakan ratusan hidangannya khas nusantara.

Suasana khas Kampung Banjar.
Suasana khas Kampung Banjar.
Suasana Festival Kuliner Bekasi
Suasana Festival Kuliner Bekasi

Selain itu, Anda yang gemar ber-selfie juga bisa mengabadikan momen di replika tugu Kota Banjar. Di sekitar tugu ada dekorasi serupa perahu, dengan meja dan kursi di dalamnya yang menjadi ciri khas asli Kampung Banjar yang terkenal dengan julukan ‘seribu perahu’.

Segarnya sepiring soto Banjar
Segarnya sepiring soto Banjar

Di tempat ini Anda akan menemukan sekitar 200 ragam makanan khas Nusantara yang dapat memanjakan lidah Anda. Beberapa makanan yang sudah tak asing seperti sate maranggi, serabi solo, bakso tanah Toraja, nasi megono Pekalongan, hingga es pisang ijo dan es ciming khas Purwakarta.  Sementara untuk makanan khas Banjar, Anda bisa menikmati Nasi Kuning Banjar, Soto Banjar, dan Es Kelapa Banjar.

Sate Maranggi dengan sambal hijau
Sate Maranggi dengan sambal hijau
Sate ayam dengan sambal merah siap santap
Sate ayam dengan sambal merah siap santap

Bagi Anda pecinta sate, Sate Maranggi khas Purwakarta, Jawa Barat yang terbuat dari daging kambing ini wajib Anda coba. Yang membedakan Sate Maranggi dengan sate lain terletak di bumbunya, yakni kecap yang memiliki cita rasa paduan manis, asam, dan pedas yang menyentuh lidah kala menikmati sate berbumbu khas ini.

Paduan rasa yang menggoda selera ini muncul karena bumbu sate maranggi terbuat dari kecap, sambal cabai hijau ditambah sedikit cuka lahang (cuka yang terbuat dari aren). Saat disajikan, bumbu kecap itu dilengkapi dengan irisan bawang merah dan tomat segar. Biasanya sate maranggi dihidang dengan ketan bakar, sambal oncom atau nasi timbe yang lezatnya sungguh menggugah selera.

Lezatnya kue putu bertabur parutan kelapa muda
Lezatnya kue putu bertabur parutan kelapa muda

Makanan jajanan SD juga bisa Anda temukan di Festival Kuliner Bekasi, salah satunya Cilor. Makanan sejenis cilok dan cimol yang berasal dari Bandung ini ditambahkan lilitan telur dadar. Umumnya menu ini diberi bumbu saus, sambal, kecap, dan ada juga yang menggunakan topping seperti BBQ atau keju.

Nah, bagi B’timers yang ingin minuman segar, coba saja mampir ke booth Es Pisang Ijo Pemuda. Dessert khas dari daerah Makasar tersebut terbuat dari pisang raja yang sudah tua. Pisang itu dibungkus adonan dadar gulung dari tepung beras, santan, serta pewarna hijau yang berasal dari daun suji, kemudian dikukus hingga matang.

Festival Kuliner Bekasi 2015 berlangsung sejak 23 September – 18 Oktober 2015. Bila ingin hangout ke tempat ini, Anda wajib membeli kartu sebagai alat transaksi pembayaran. Menariknya bagi pengunjung yang melakukan pengisian kartu hingga Rp 200.000 akan mendapat kesempatan mengikuti lucky draw berhadiah voucher belanja dan buah tangan.

Tak hanya itu, setiap hari Anda bisa menikmati hiburan Layar Tancap, Workshop Layang-Layang, lomba foto melalui Instagram dan tarian tradisional khas Kalimantan. So, nikmati hangout weekend Anda bersama keluarga di Festival Kuliner Bekasi.

Festival Kuliner Bekasi

Summarecon Mall Bekasi
Jl. Bulevar Ahmad Yani Blok M, Sentra Summarecon Bekasi
Telepon: 021-29572888 
Buka: 16.00-22.00 WIB (Senin – Kamis), 16.00-22.00 WIB (Jumat), 11.00-23.00 WIB (Sabtu, Minggu & Hari Libur)

Share This Article