Terungkap Kuliner Sate Kambing Favorit Presiden | Breaktime
Terungkap Kuliner Sate Kambing Favorit Presiden
08.10.2017

Olahan daging kambing yang paling terkenal di Indonesia adalah sate kambing. B’timers bisa menemukan banyak penjual sate kambing di pinggir-pinggir jalan dan di hampir setiap daerah di Indonesia. Daging kambing jadi bahan masakan paling populer setelah ayam dan sapi. Tak heran jika kreasi sate kambing pun juga beragam. Seperti olahan ayam di setiap daerah yang berbeda, kuliner sate kambing pun juga memiliki kreasi berbeda di beberapa daerah.

Namun, sebagian besar orang percaya bahwa makan daging kambing akan menyebabkan darah tinggi atau hipertensi. Faktanya, mengonsumsi daging kambing tidak perlu khawatir, karena daging kambing memiliki kandungan lemak jenuh jauh di bawah daging sapi dan daging ayam. Lemak jenuh daging sapi mencapai 6 gram, ayam sekitar 2,5 gram, dan kambing hanya 0,71 gram. Daging kambing juga diperkaya dengan lemak tak jenuh sebanyak 1 gram per porsinya. Jadi, cukup aman untuk mengonsumsi daging kambing. Inilah yang membuat beberapa kota di Indonesia membuat kreasi daging kambing unik dan bikin penasaran.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hatchi: Kreativitas Hidangan Untuk Perut Bahagia

Kota Tegal ternyata nggak hanya terkenal dengan warung tegalnya saja, tetapi juga jenis sate kambingnya. Sate kambing di kota Tegal ini memiliki dua nama penyebutan, yaitu Balibul (bayi lima bulan) dan Batibul (bayi tiga bulan). Maksudnya, sate ini berasal dari daging kambing muda berumur lima dan tiga bulan.

Daging dari sate kambing khas Tegal ini sangat kenyal dan tidak prengus. Setiap tusuknya berisi selingan lemak, hati, dan ginjal. Cita rasanya jadi sangat luar biasa saat disajikan dengan kecap manis. Dalam proses memasaknya tidak menggunakan kecap manis. Jadi jangan heran kalau warna dagingnya saat disajikan jadi pucat.

Terungkap Kuliner Sate Kambing Favorit Presiden | Breaktime
Kuliner sate kambing

BACAJUGA:2

Beralih ke sebelah timur, yaitu Yogyakarta. Tepatnya di daerah Bantul, juga ada kuliner sate kambing yang sangat populer, yaitu Sate Klathak. Sate ini dibakar bukan dengan tusuk bambu, tapi berupa jeruji sepeda kayuh yang terbuat dari batang besi. Cara memasak ini bertujuan untuk membuat dagingnya lebih empuk. Saat membakar hanya ditaburi garam dan bawang putih.

Sama halnya dengan sate kambing khas Tegal, sate klathak ini juga menggunakan daging dari kambing muda. Ternyata daging kambing muda membuat baunya tidak prengus dan teksturnya lebih juicy serta empuk.

Tulungagung yang berada di Jawa Timur juga punya sate kambing yang khas. Yang unik dari sate ini adalah dengan menggunakan teknik pengasapan tradisional. Bumbunya bersatu padu sangat sempurna dengan dagingnya yang empuk.

BACAJUGA:3

Terakhir adalah sate buntel. Sate kambing yang satu ini jadi favoritnya Presiden Jokowi. Pembakarannya hingga lemak daging menetes dan lumer. Benar-benar bikin ngiler dan nggak sabar menikmati kegurihannya.

Jadi, itulah beberapa kuliner sate kambing yang bisa Anda nikmati saat pergi ke salah satu kota tersebut. Mana, nih yang ingin B’timers coba terlebih dahulu? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE