Terbuat dari 44 Daun, Sambal Asal Aceh Jadi Pilihan Makanan Takjil Bulan Puasa | Breaktime
Terbuat dari 44 Daun, Sambal Asal Aceh Jadi Pilihan Makanan Takjil Bulan Puasa
25.05.2018

Sama seperti daerah lain yang punya makanan khas saat bulan puasa, Aceh pun juga punya. Namanya Sambai oen peugagah yang berarti sambal daun pegagah. Nenek moyang zaman dulu diyakini menjadikan makanan ini sebagai makanan favorit.

Walaupun sebutannya sambal, tapi sambai oen peugagah ini sebenarnya berwujud seperti urapan. Uniknya, makanan ini terbuat dari 44 macam daun lho! Banyak banget kan?


image-vivacoid

Daun yang dipakai dalam makanan ini antara lain daun peugagah,daun jeruk purut, daun mengkudu, daun sigeuntot, daun lawah, dan masih banyak lagi jenis daun lainnya. Wah dari nama daun yang disebut di atas aja kadang kita gatau seperti apa wujud daunnya, ya?

Cara membuatnya adalah pertama daun-daun itu dicuci sampai bersih. Setelah bersih, lalu daun diiris kecil. Kemudian taburkan parutan kelapa yang sudah diberi irisan bawang merah, cabe merah, cabe rawit, bunga kala, serta asam sunti yang dihaluskan di atasnya, dan aduk hingga merata.

Keliatannya mudah, tapi ternyata untuk membuat sambai oen peugagah ini perlu keahlian lho, kalo gak ahli, bisa menimbulkan bau menyengat dari campuran berbagai jenis daun ini.

Penyajian sambai oen peugagah ini akan lebih lengkap dengan taburan bawang goreng, kacang goreng, atau kemiri goreng yang sudah dihaluskan. Rasanya campuran dari gurih, asam, dan pastinya pedas.

Makanan ini akan jarang dijumpai di hari biasa dan banyak dijumpai di bulan puasa. Mungkin karena bahan makanan yang berupa daun-daun itu sekarang udah susah didapat, makanya makanan ini menjadi makanan langka di hari biasa dan hanya ada di bulan puasa.

Tertarik mencicipi makanan ini gak? Bisa tuh dimakan bersama sepiring nasi anget untuk berbuka puasa.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE