Tempat Makan Favorit Indonesia di Mancanegara | Breaktime
Tempat Makan Favorit Indonesia di Mancanegara
28.08.2017

Tahukah B’timers bahwa rendang dan nasi goreng baru saja terpilih sebagai peringkat pertama dan kedua dalam makanan terenak sedunia versi CNN? Hal tersebut membuktikan bahwa kuliner Nusantara sangatlah terkenal di mancanegara. Di berbagai negara di dunia, terdapat aneka tempat makan terkenal yang menyajikan masakan Bumi Pertiwi. Tak hanya dinikmati oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri, berbagai restoran yang menjajakan khazanah kuliner Nusantara tersebut juga digemari oleh penduduk setempat lho! Apa saja sih tempat makan favorit khas Indonesia di berbagai belahan dunia?

Pondok Rempah, Australia

Negara tetangga Indonesia ini rupanya masih memiliki sedikit spot kuliner khas Nusantara. Salah satu tempat makan Indonesia di Australia dapat ditemukan di Melbourne, tepatnya di Melbourne CBD (Center Business District). Di sini, terdapat resto Indonesia bernama Pondok Rempah yang didirikan oleh Ian Mok dari Kamboja dan Hani Pangestu dari Pontianak. Para pendiri Pondok Rempah berkeinginan membuka rumah makan Indonesia karena meski banyak warga Australia yang sering berwisata ke Bali, tak banyak yang familiar dengan kuliner Indonesia. Para chef di restoran ini pun khusus didatangkan dari Indonesia demi mendapatkan citarasa masakan khas Nusantara.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Viral, Warteg Ini Jadi Langganan Pejabat!

Bumbu Desa, Malaysia

Negeri jiran satu ini memiliki gerai masakan Indonesia berupa Bumbu Desa. Resto waralaba yang pertama didirikan di Bandung ini pertama membuka cabang di Malaysia pada tahun 2010, hingga kini telah memiliki berbagai outlet di Malaysia. Bumbu Desa merupakan restoran yang secara khusus menyajikan aneka masakan Sunda diiringi dengan suasana pedesaan dan alunan musik tradisional khas Sunda.

Tempat Makan Favorit Indonesia di Mancanegara | Breaktime
Interior khas Batavia tempo doeleoe di Restaurant Blauw, belanda

Bagus Indonesian Kitchen, Jepang

Didirikan oleh Bagus yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur, restoran ini merupakan salah satu tempat makan favorit di Osaka yang terkenal sebagai kawasan wisata kuliner di Jepang. Restoran halal ini menjual berbagai menu khas Nusantara seperti masakan Padang, gado-gado, hingga bakso. Meski memiliki kisaran harga yang cukup mahal, rumah makan yang satu ini cukup digemari karena keunikan berupa berbagai hiasan batik dan nama restoran yang dituliskan dengan aksara latin, alih-alih dengan huruf kanji seperti layaknya tempat makan lainnya di Jepang.

Restaurant Blauw, Belanda

Pernah menjadi penjajah Indonesia selama 3,5 abad membuat Belanda tak asing lagi dengan budaya Indoensia, salah satunya citarasa kuliner Nusantara. Di antara banyaknya restoran Indonesia yang tersebar di Belanda, restoran Blauw yang terletak di Amsterdam ini merupakan salah satu resto Indonesia terbaik. Selain menyajikan menu besar alias ala carte seperti umumnya, restoran Blauw juga menjual rijstaffel alias menu sample berisi belasan hingga puluhan menu Indonesia dalam porsi kecil. Selain masakan Indonesia yang sudah menjadi favorit penduduk Belanda, rumah makan dengan interior edgy ini digemari banyak anak muda hipster lokal sebagai tempat hang out dan mengisi Instagram feed.

Tempat Makan Favorit Indonesia di Mancanegara | Breaktime
Suasana syahdu di Borobudur Ristorante, Italia
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesona Restoran Tepi Tebing Khas Pulau Dewata

Borobudur Ristorante, Italia

Terletak di Genoa, Italia, Borobudur Ristorante merupakan sebuah keunikan karena selain tempat makan ini, hampir tidak bisa ditemukan restoran Indonesia di Italia. Genoa merupakan kota pelabuhan terbesar di italia, sehingga kebanyakan pengunjung restoran ini merupakan para pelaut dan kru kapal pesiar asal Indonesia. Uniknya, selain nasi goreng dan mie goreng, menu yang paling banyak dicari pengunjung di restoran ini ialah Bir Bintang yang rupanya tak dijual di tempat lain.

Bali Bali, Inggris

Di antara berbagai restoran Indonesia yang tersebar di Inggris, Bali Bali merupakan salah satu restoran ternama. Terletak di tempat hits di London, tepatnya Shaftesbury Avenue, Soho, di Bali Bali Anda bisa mendapatkan berbagai sajian yang tak hanya berasal dari Bali, tapi juga hidangan Nusantara lainnya seperti rendang, nasi uduk, hingga martabak dengan harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan resto Indonesia lainnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Spot Nongkrong Diiringi Live Music Hits Di Bali

Simpang Asia, Amerika Serikat

Tempat makan Indonesia yang terletak di Los Angeles ini merupakan salah satu tempat makan favorit masyarakat Indoensia yang sedang berkunjung ke negeri Paman Sam tersebut. Di antara berbagai resto yang menjajakan kuliner Nusantara lainnya, Simpang Asia termasuk yang paling terkenal karena harganya yang cukup terjangkau dan lokasinya yang strategis di National Boulevard. Didirikan oleh Leni Kumalasari yang ebrasal dari Malang, Jawa Timur, resto ini menawarkan sajian otentik Indonesia yang diolah langsung oleh para chef yang didatangkan langsung dari Nusantara. Tak hanya itu, B’timers juga akan dimanjakan dengan berbagai pilihan unik menu vegan, vegetarian, hingga gluten free.  

Semoga B’timers makin bangga dengan tradisi Indonesia terutama citarasa kulinernya yang tak kalah dengan masakan mancanegara ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE