Sensasi Istimewa Ayam Geprek Jogja | Breaktime
Sensasi Istimewa Ayam Geprek Jogja
06.11.2017

Jauh sebelum hidangan ayam geprek Jogja menjadi salah satu wisata kuliner favorit di ebrbagai kota besar di Indonesia, ayam geprek merupakan santapan andalan anak kos di kawasan Yogyakarta. Dikenal sebagai Kota Pendidikan, Yogyakarta terbilang murah soal biaya hidup, termasuk urusan makan sehari-hari. Setelah warung angkringan dan burjo menjadi kuliner fenomenal di Yogyakarta yang perlahan merebak popularitasnya ke kota-kota besar lainnya di Indonesia, ayam geprek menjadi makanan favorit yang tak hanya lezat tapi memenuhi asupan protein bagi anak kos dengan harga terjangkau.

Apabila warung burjo dan angkringan terbilang sederhana, ayam geprek sesungguhnya mampu menjadi comfort food yang layak dijagokan bagi anak kos yang berdasarkan stereotype jarang sekali mampu menikmati protein hewani secara tercukupi. Bermula dari hidangan ayam goreng biasa khas tradisional Jawa yang berpadu sempurna dengan sambal bawang, ayam geprek hingga kini berkembang menjadi kuliner hipster dengan aneka kreasi penyajian sehingga kian digemari kaum muda millennial. Mulai dari ayam tepung sambal geprek hingga ayam geprek keju, semua variasi ayam geprek selalu mendapat posisi istimewa di hati para penggemarnya. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sebuah Mangga: Segarkan Hari Saat Patah Hati
Sensasi Istimewa Ayam Geprek Jogja | Breaktime
Ayam Geprek Dirty Chicks

Di salah satu kawasan padat mahasiswa di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Seturan Raya, depan hotel Merbabu, ayam geprek Jogja yang satu ini terbilang unik karena menawarkan sensasi kombinasi masakan tradisional dan modernitas yang tak terhindarkan. Sajian ayam tepung khas gerai makanan cepat saji dari Barat berpadu dengan sambal bawang yang pedasnya menggoda iman. Ayam geprek yang pada umumnya merupakan potongan ayam yang digoreng biasa kini disajikan dengan terobosan baru di Dirty Chicks. Tempat makan favorit mahasiswa yang buka sejak pukul 3 sore hingga 11 malam ini membuktikan bahwa citarasa gurih nan crispy pada ayam goreng tepung ternyata kian terasa nikmat dengan penyajian digeprek yang notabene merupakan metode masakan ayam tradisional. 

Sensasi Istimewa Ayam Geprek Jogja | Breaktime
Ayam Geprek Mbok Moro

Tak hanya ayam goreng yang digeprek alias dipenyet dengan sajian sambal bawang, menu ayam geprek juga memberikan berbagai alternatif penyajian dan citarasa hidangan. Ayam Geprek Mbok Moro, misalnya, menawarkan berbagai varian unik seperti geprek asli mBantul, geprek lada hitam Sewon, geprek rendang Lipuro, geprek ijo royo-royo, geprek BBQ Gabusan, hingga geprek tiram Tamantirto. B’timers yang kurang cocok dengan citarasa pedas berlebihan tentunya bisa memesan edisi original.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
2 Kuliner Malam Jogja Pedas Bikin Lidah Terbakar

Penyuka pedas level hardcore, sebaliknya, bisa menantang diri sendiri dengan meminta sebanyak mungkin cabai hingga memecahkan rekor 25 butir cabe sekalipun. Saking populernya Ayam Geprek Mbok Moro di kalangan mahasiswa hingga warga asli Yogyakarta, gerai tersebut kini dapat dijumpai di berbagai kawasan di Kota Keraton tersebut, seperti Lippo Mall Plaza Yogya maupun berbagai sudut kota Yogya lainnya.

Bicara soal wisata kuliner kekinian tentunya tak boleh melewatkan hidangan hybrid yang menawarkan kreasi baru dalam masakan tradisional seperti ayam geprek sekalipun. Terletak di Jalan Godean Nomor 133, Gamping, Kabupaten Sleman, tempat makan yang satu ini memberikan kejutan bagi setiap pencinta ayam geprek yang mampir. Nama yang cukup unik, yakni Ayam Jambak tentunya membuat siapa saja penasaran untuk mencicipi kehebohannya. Selain pilihan sambal unik seperti sambal ijo, sambal telur asin, sambal jambak, sambalado, dan barbeque, B’timers akan makin terperangah dengan adanya saus keju, keju mozzarella, hingga kuah gulai sebagai pelengkap hidangan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ozumo: Menggemaskan Bikin Nggak Rela Makan

Meski terkesan kebarat-baratan, gerai yang menawarkan beragam menu mulai dari 30 ribu Rupiah yang bisa dinikmati 2 orang sekaligus ini dijamin bebas MSG karena dibikin secara homemade. Selain menawarkan konsep teh manis dan nasi yang bisa tambah sepuasnya, Anda juga akan dimanjakan dengan eksperimen makan langsung di atas meja beralas plastik transparan ala bancakan. Tak hanya aneka sambal unik, menu ayam geprek Jogja  yang satu ini juga disajikan dengan lauk tambahan berupa irisan jagung manis, sosis, kentang, hingga lelehan keju mozzarella di atasnya.

Kini momen liburan B’timers ke Yogya bisa jadi ajang menikmati sensasi seru hidangan ayam geprek yang sensasional di berbagai gerai asli dari Yogyakarta tersebut. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE