Sate Padang Ajo Ramon, Incaran Pejabat dan Artis | Breaktime
Sate Padang Ajo Ramon, Kuliner Incaran Pejabat dan Artis Ibu Kota
07.10.2015

Mendengar cerita soal kenikatan masakan Padang pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Ya, kuliner asal Sumatera Barat ini bisa Anda temukan hampir di seluruh pelosok Tanah Air. Kemana pun Anda pergi pasti akan menemukan yang namanya restoran Padang. Berbicara soal kuliner Padang, kali ini Breaktime akan berbagi informasi mengenai Sate Padang yang cukup populer di Ibu Kota, yakni Sate Padang Ajo Ramon.

Berbeda dengan sate dari daerah Jawa maupun Madura, sate Padang pada umumnya memakai bahan utama daging sapi, lidah sapi, dan jeroan sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan cabai yang cukup banyak, sehingga memberikan rasa yang kuat, gurih, serta pedas.

Proses pembakaran sate sebelum disajikan
Proses pembakaran sate sebelum disajikan

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta mungkin tak sulit untuk menemukan gerobak kaki lima atau warung sate padang, hampir di tiap sudut jalan raya dengan mudah Anda temukan. Tapi untuk Sate Padang Ajo Ramon punya keistimewaan, yakni potongan dagingnya besar dan juga cukup melegenda karena sudah ada sejak tahun ’80-an.

Kuah kentalnya gurih menggoda selera
Kuah kentalnya gurih menggoda selera

Menurut cerita, awalnya sang pemilik, Ramon Tanjung menjajakan hidangannya menggunakan gerobak keliling. Setelah ramai dan banyak pelanggan, kini Sate Padang Ajo Ramon sudah punya tiga cabang selain di Pasar Santa, yakni di Jalan Cikajang, Pujasera Blok S, dan Foodcourt Plaza Indonesia. Namun, sampai sekarang gerai pertama yang di Pasar Santa tetap ramai meski sudah ada tiga cabang lainnya. Konon kabarnya, hidangan di Pasar Santa yang paling enak karena punya memori sejak puluhan tahun lalu. Tak heran jika para pejabat sampai artis pun banyak yang mampir ke gerai ini.

Nikmati seporsi sate Padang bertabur bawang goreng renyah
Nikmati seporsi sate Padang bertabur bawang goreng renyah

Aroma kuat rempah-rempah segera tercium begitu memasuki warung sederhana Ajo Ramon. Sate lidah jadi menu favorit dengan bumbu kental yang hangat ditambah aroma dari kepulan asap, semakin menggugah selera. Dihidangkan bersama ketupat, Sate Padang akan lebih nikmat jika ditambahi kerupuk kulit dan keripik singkong balado layaknya cara orang Padang menikmati sate.

Satu porsi menu berisi Sate Padang dan potongan ketupat dibanderol Rp 25 ribu. Supaya tidak penasaran, B’timers jangan lupa meluangkan waktu untuk mencicipi Sate Padang Ajo Ramon.

Sate Padang Ajo Ramon

Area Pasar Santa, Jalan Cipaku I, Senopati, Jakarta Selatan

Buka: 16.00 – 24.00 WIB

Harga: IDR 25.000 (seporsi sate + ketupat)

Share This Article