Restoran Jepang di New York Dobrak Stereotype | Breaktime
Restoran Jepang di New York Dobrak Stereotype
24.11.2017

Ketika kita mendengar kata “japanese cuisine” pasti yang terlintas di benak adalah sushi dan ramen. Memang, dua kuliner tersebut sudah seakan menjadi signature dishes yang mengingatkan kita akan Negeri Matahari Terbit ini. Di Indonesia saja sudah tidak terhitung kan restoran Jepang yang memiliki area spesialisasi sushi dan mie ramen. Sehingga kecuali Anda pernah belajar kebudayaan Jepang, besar kemungkinan Anda akan meletakkan stereotype bahwa ramen dan sushi adalah satu-satunya makanan khas Jepang.

Tapi, kuliner Jepang sebenarnya jauh lebih beragam dari itu. Ada banyak hidangan khas Jepang lain yang tak kalah lezat dan mendunia, tapi terasa underrated di negeri ini. Dan kalau Anda penasaran hidangan Jepang apa saja yang sebenarnya berhasil menembus pasar global, cobalah tengok ke ibu kota Amerika Serikat yaitu New York City. Terutama jika Anda berkunjung ke daerah Midtown, Anda akan menemukan banyak sekali restoran Jepang yang menawarkan berbagai macam kuliner khas Jepang selain sushi atau ramen.  

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Restoran di Jakarta Sajikan Makanan Jepang Halal

Selain mie ramen, sebenarnya Jepang juga memiliki hidangan mie soba yang tidak kalah lezatnya. Di NYC terdapat beberapa restoran Jepang yang menyajikan hidangan mie yang terbuat dari tepung gandum rendah kalori ini, salah satunya adalah Soba-ya. “Soba-ya” yang dalam bahasa Jepang literally berarti Restoran Soba ini berada di 229 East 9th Street, Kota New York. Restoran dengan spesialisasi mie soba ini menawarkan berbagai macam sajian hot maupun cold soba yang sangat lezat lengkap dengan berbagai macam ragam topping. 

Selain mie soba, Anda juga bisa menikmati hidangan khas Jepang lainnya seperti Oyakodon yaitu nasi hangat yang disajikan dengan topping telur omelet, Una-Ju (belut panggang), Ohitashi (sayuran bayam yang direbus bersama dengan kuah ikan bonito), assorted tempura, dan lain sebagainya. 

Restoran Jepang di New York Dobrak Stereotype | Breaktime
asyiknya menyantap kaiseki-ryouri di restoran Jepang

Seringkali ketika kita berkunjung ke sebuah restoran Jepang yang relatif baru, kita ingin sekali mencicipi setiap menu yang tersedia. Nah, sepertinya kaiseki-ryouri cocok untuk memuaskan rasa penasaran Anda. Apa itu kaiseki-ryouri? Jika di terjemahkan secara literal, kaiseki-ryouri memiliki arti “set makanan”. Perbedaannya, kaiseki-ryouri cenderung memiliki porsi yang lebih kecil namun ditata dengan lebih artistik.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Holy Chick: Rumah Terbaik Penggemar Ayam Geprek

Ingin menjajal kaiseki-ryouri? Datanglah ke EN Japanese Brasserie yang terletak di 435 Hudson Street New York. Di sini Anda dapat memilih berbagai macam pilihan kaiseki yang tersedia. Dan bahkan Anda bisa mencicipi koleksi minuman keras khas Jepang yaitu sake di sini, mulai dari Junmai-shu, Honjozo-shu, Ginjo-shu, hingga Daiginjo-shu.

Chawanmushi, atau hidangan telur kukus mangkok adalah satu dari hidangan khas Jepang yang juga wajib Anda coba. Restoran Brushstroke yang berada di 30 Hudson Street, NYC ini terkenal dengan hidangan chawanmushi-nya yang sangat lezat. Tak hanya itu, hasil kolaborasi antara Chef David Bouley dan Chef Isao Yamada dari Oosaka juga melahirkan berbagai macam menu unik khas Jepang lainnya. Sudah pernah mencoba ice cream dengan rasa mirin (alkohol manis Jepang) atau ice cream rasa saus kecap asin? Kedua rasa ice cream anti-mainstream ini hanya bisa dinikmati di restoran ini lho!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pilihan Sempurna Menikmati Sajian Keju Kaki Lima

Serunya memanggang yakiniku bersama dengan keluarga bisa Anda rasakan saat mengunjungi Restoran Takashi di 456 Hudson Street NYC. Anda dapat memanggang sendiri daging sapi mentah dan sayuran yang disediakan oleh pelayan di atas panggangan elektrik. Kenikmatan daging sapi panggang pun makin terasa jika Anda mencelupkannya ke dalam saus kecap yang menjadi signature dari restoran yakiniku tersebut. Jangan lupa juga untuk menikmati aneka hidangan pembuka sebelum Anda menyantap hidangan utama.

Baca juga: http://breaktime.co.id/culinary/food/google-doodle-sejuta-manfaat-fermentasi-kubis.html

Di New York City, restoran Jepang yang mengusung berbagai macam hidangan Jepang  selain sushi atau ramen berkembang sangat pesat. Kapan ya mereka melebarkan sayap dan mendobrak stereotype masakan Jepang di Indonesia? (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE