Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Kuliner Ibu Kota yang Melegenda
Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Kuliner Ibu Kota yang Melegenda
28.09.2015

Nasi Goreng, siapa yang tidak familiar dengan makanan satu ini. Kuliner khas nusantara ini bahkan sudah dikenal sejak era 50-an. Tidak saja di pinggir jalan, tapi Anda bahkan bisa menemukan menu makanan ini di hotel kelas bintang lima. Tak heran jika kelezatan makanan yang satu ini masih melekat di hati Presiden Amerika Barrack Obama.

Nah, berbicara soal Nasi Goreng, tidak lengkap rasanya jika Anda belum mampir ke Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih yang cukup melegenda di Ibu Kota. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih didirikan oleh Almarhum H. Nein pada tahun 1958 di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat yang sampai saat ini tetap menjadi lokasi Nasi Goreng Kebon Sirih.

Resep turun temurun yang tetap dipertahankan oleh pengelola restoran ini membuat kuliner khas Jakarta ini tetap ramai dikunjungi pelanggan hingga saat ini. Tak heran jika Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih disebut melegenda dari mulut ke mulut para penikmatnya.

Bagi Anda yang belum pernah mencicipi, jangan lupa mengarahkan kendaraan ke Jalan Kebon Sirih jika tengah berada di kawasan Jakarta Pusat. Lidah Anda akan dimanjakan dengan rasa gurih dan nikmat yang berasal dari olahan daging kambing dan rempah-rempah dengan tambahan minyak samin.

“Di sini kita masih mempertahankan resep dari kakek saya yang sejak pertama berjualan. Jadi ini usaha turun temurun , sekarang sudah generasi ke tiga,” kata Indra yang merupakan cucu Almarhum Haji Nein disela-sela melayani para pelanggan setianya. 

Sang koki yang mengaduk nasi di atas wajan besar
Sang koki yang mengaduk nasi di atas wajan besar

Ketika berkunjung, Anda akan disuguhkan pemandangan menarik yakni dua buah wajan besar berisi nasi goreng yang mengepulkan asap beraroma sedap. Di balik wajan besar, Anda bisa melihat sang koki yang sibuk mengaduk nasi. Sementara di meja makan yang terjajar rapi, para pengunjung Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih tampak tidak sabar menunggu pesanan. 

Nasi Goreng Kambing, salah satu menu andalan di tempat ini
Nasi Goreng Kambing, salah satu menu andalan di tempat ini

Breaktime berkesempatan mencicipi Nasi Goreng Kambing yang dikenal menjadi andalan menu tempat ini. Rasa gurih layaknya nasi kebuli membuat selera makan Anda merasa tergugah dan sayang rasanya untuk dilewatkan. Potongan daging kambing berbentuk dadu melengkapi setiap suapan. Melengkapi sajian tersebut tak ketinggalan emping melinjo yang renyah. Jangan lupa menambahkan acar yang berbeda dengan acar lainnya untuk menambah sensasi rasa.  

Satu porsi nasi goreng lengkap dengan emping dan sambal
Satu porsi nasi goreng lengkap dengan emping dan sambal

Selain menu Nasi Goreng, Anda juga bisa menemukan menu lain yang tidak kalah nikmat, seperti Sate Kambing, Sate Ayam, dan Sate Hati Kambing. Harga seporsi untuk Nasi Goreng Kambing dipatok Rp 30.000. Sementara Sate Kambing Rp 55.000 per-10 tusuk dan Rp 27.000 per-5 tusuk.

Ada informasi tambahan nih B’timers, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih sekarang sudah memiliki cabang di Jakarta Selatan yaitu kawasan Bulungan, Kebayoran Baru. Ada juga di Bintaro 9 Walk yang merupakan kawasan kuliner terbesar di Bintaro dan di Karang Tengah, Tangerang. Selain itu terdapat juga di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan dan di Bandung. Biar tidak penasaran dengan Nasi Goreng legenda, B’timers jangan lupa mampir, ya!

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Jalan Kebon Sirih I (tepatnya sebelah gedung Ravindo), Jakarta Pusat
Buka: 17.00 WIB - 02.00 WIB (weekdays), 17.00 WIB - 03.00 WIB (weekend)
Harga: IDR 30.000 (Spesial Nasi Goreng Kambing)

Share This Article