Mie Gantung, Kuliner Khas ‘Negeri Laskar Pelangi’
Mie Gantung, Kuliner Khas ‘Negeri Laskar Pelangi’
30.09.2015

Pulau Belitung tidak hanya dikenal karena keindahan alam dan pantainya semata. Destinasi wisata yang kini dikenal dengan nama ‘Negeri Laskar Pelangi’ itu rupanya juga menyimpan surga kuliner yang tersembunyi. Kali ini, Breaktime akan menyuguhkan informasi mengenai wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi saat berada di Belitung, salah satunya adalah Mie Gantung. 

Restoran sederhana ini letaknya tidak jauh dari Museum Kata Andrea Hirata, di desa Gantung (dalam logat Belitung/Melayu disebut Gantong), Belitung Timur. Menurut sang pemilik, Ibu Erni Susanto, Mie Gantung sudah dikenal sejak tahun 1972. Resep turun temurun Mie Gantung pun masih tetap dipertahankan oleh Erni hingga saat ini. 

Baca Juga : MIE KRISPI, PILIHAN TERBAIK NIKMATI HIDANGAN ASAL TIONGKOK

“Ini resep turun menurun karena waktu tahun 1972 nenek saya sudah jual mie ini. Dulu di sini cuma satu-satunya yang jual. Dari saya masih kecil,” kata Erni seraya melayani para pengunjung. Erni melanjutkan, Mie Gantung mulai dikenal luas karena dahulu kerap menjadi makanan pesanan para petinggi PTPN Timah yang kala itu masih berjaya. 

“Jadi waktu tahun ‘72 itu ada PT Timah masih jaya semuanya pada beli ke nenek saya. Dari makanan dan kue. Dulu memang tempat makan para petinggi timah,” kenang Erni.

Menu khas Belitung: mie gantung
Menu khas Belitung: mie gantung

Saat B’timers menyantap seporsi Mie Gantung, suasana budaya Melayu memang terasa begitu kental mewarnai kedai Ibu Erni. Sangat persis dengan yang digambarkan Andrea dalam novel Laskar Pelangi dan seolah membuat Anda tengah menjadi tokoh di dalam ceritanya. 

Rahasia dibalik kenikmatan Mie Gantung tak lain berasal dari campuran mie telur yang diberi kuah kaldu udang berwarna merah kental. Rasa menu khas Belitung ini semakin mantap dengan paduan tauge, kentang, bakwan udang, timun dan emping melinjo. Mie ini akan langsung memberikan sensasi rasa lezat dan segar begitu menyentuh lidah Anda.

Segarnya segelas es jeruk kunci kiamboy
Segarnya segelas es jeruk kunci kiamboy

Setelah menikmati kelezatan Mie Gantung, Anda wajib mencoba minuman primadona di restoran milik Erni, yakni Es Jeruk Kunci Kiamboy. Rasa segar jeruk kunci khas Sumatera yang “dikawinkan” dengan rasa gurih buah kering Kiamboy akan memberikan sensasi yang segar dan melegakan dahaga B’timers seketika.

Nah, supaya tidak penasaran sebaiknya Anda datang dan mampir ke Mie Gantung yang tetap mempertahankan resep asli turun temurun dari masakan peranakan Melayu-Chinese food ini. So, luangkan untuk sedikit rileks menikmati keindahan ‘Negeri Laskar Pelangi’ dan surga kulinernya! 

Mie Gantung

Jl. A. Yani Pasar no. 1, Gantong, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.
Buka: jam 10.00 – 22.00 WIB
Harga: Mie Ganutung IDR 15.000, Es Jeruk Kiamboy IDR 6000 

Share This Article