Makanan Khas Raja Jawa, Temukan di Joglo Patheya | Breaktime
Mau Tahu Makanan Khas Raja-Raja Jawa? Temukan di Joglo Patheya
21.07.2015

Membahas  kuliner Nusantara seolah tidak akan pernah ada habisnya. Bayangkan saja, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang masing-masing daerahnya punya kekhasan soal cita rasa makanan.

Berbicara soal kuliner Nusantara, tahukah Anda makanan tradisional apa saja yang menjadi santapan para raja-raja di Tanah Jawa? Nah, untuk menjawab rasa penasaran, sebaiknya Anda berkunjung ke Joglo Patheya-Legendary Javanese Cuisines. Restoran ini menyajikan aneka makanan dan minuman tradisional dengan cita rasa dan bumbu rempah gaya masakan rumahan dari menu-menu yang melegenda.

Restoran yang terletak di kawasan Jalan Kemang Utara, Jakarta Selatan ini memiliki bangunan joglo yang melambangkan kemegahan adat rumah Jawa. Selain itu, suara alunan gending-gending Jawa di pintu masuk restoran ini menambah khasnya suasana.

Satu keunikan lagi di Joglo Patheya adalah tersedianya masakan khas raja keraton Jawa, seperti Sego Jamblang, Sego Blawong, Sego Golong, Prawan Kenes, dan lain-lain.

Makanan Khas Raja-Raja Jawa, Temukan di Joglo Patheya
Bistik Jawa Joglo Patheya

Minuman dengan resep tradisional juga tidak ketinggalan disajikan oleh restoran ini, seperti Bir Jawa, Royal Secang, Angsle, Beras Kencur, Wedang Rondhe dan lain-lain.

Makanan Khas Raja-Raja Jawa, Temukan di Joglo Patheya
Bebek Suwar Suwir Joglo Patheya

Salah satu masakan tradisionalnya adalah Bebek Suwar Suwir (47.5K). Konon, makanan ini merupakan hidangan favorit Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang diciptakannya sendiri semasa belajar di Belanda. Makanan ini terdiri dari bebek fillet yang dikukus dengan bumbu rempah. Aroma bebek yang gurih bercampur dengan setup nanas dan kedondong yang segar akan membuat Anda lahap menyantapnya.

Jangan lupa juga mencicipi Sego Blawong, nasi yang berwarna merah akibat campuran rempah yang digunakan saat menanaknya. Disajikan  dengan  ayam bacem, telur pindang, dan daging lombok kethok (daging sapi yang dipotong-potong seukuran dadu dan dibumbui kecap), nasi ini begitu gurih.

Makanan Khas Raja-Raja Jawa, Temukan di Joglo Patheya
Sego Golong Joglo Patheya

Sego Blawong ini merupakan makanan kegemaran Sultan Hamengku Buwono VIII. Konon, nasi berbumbu ini menjadi makanan andalan yang disajikan Keraton Yogyakarta untuk menjamu tamu istimewa. Disebut sego blawong karena nasi ini dihidangkan di atas piring berwarna biru yang dalam bahasa Belanda adalah blauw. Sesuai dengan lidah orang Jawa, kata blauw berubah menjadi blawong.

Selain makanan, Joglo Patheya juga punya minuman spesial yang segar dan membangkitkan semangat Anda di siang hari, yakni Tropical Water (37.5K). Tropical Water Joglo Patheya merupakan minuman kesehatan perpaduan buah kiwi dengan leci.

Makanan Khas Raja-Raja Jawa, Temukan di Joglo Patheya
Tropical Water Joglo Patheya

Restoran ini juga menyediakan Paket Yoga Joglo Patheya (185K/pack). Dengan paket ini Anda akan menikmati yoga bersama instruktur berpengalaman, swimmingpool, dan ditutup dengan healthy menu. Untuk paket Yoga, Anda bisa memilih waktu di hari Kamis (07.00-08.30 WIB) dan Sabtu (08.00-09.30).

Bagaimana B’timers, Anda tertarik untuk mencicipi makanan khas Keraton Jawa? Luangkan waktu Anda untuk mampir ke Joglo Patheya!

Joglo Patheya

Jalan Kemang Utara Raya No. 22 Jakarta Selatan
Phone: 021-71792401
Jam buka: 10.00-22.00 WIB
Fasilitas: 
- Free WIFI
- Area parkir luas
- Smoking area
-Meeting room 
- Swimming pool
- Library room

Share This Article