Manis Asamnya Sajian Tempat Makan di Puncak | Breaktime
Manis Asamnya Sajian Tempat Makan di Puncak
17.10.2017

Hingga saat ini, kawasan Bogor selalu menjadi salah satu kota wisata favorit. Tak hanya wisatawan dari Jawa Barat, warga Jakarta juga berbondong-bondong mendatangi Kota Hujan yang letaknya relatif dekat dari Ibukota. Suasana pegunungan nan asri serta hawa dingin menyejukkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para travelers untuk berkunjung ke Bogor. Tak hanya dipenuhi berbagai destinasi wisata alam hingga modern, Bogor juga menawarkan banyak wisata kuliner yang tak boleh B’timers lewatkan begitu saja.

Mulai dari pusat kota hingga tempat makan di Puncak Pass, berbagai tempat makan lokal nan enak dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai penjuru Bogor. Suhu udara yang hampir selalu dingin seakan membuat selera makan meningkat dan menjadikan setiap kuliner Bogor yang dijajakan sepanjang jalan terlihat lezat. Tak hanya jajanan dan kudapan ringan, kuliner khas Bogor juga banyak yang mengenyangkan dan dijamin membuat Anda senantiasa berenergi untuk berkelana menjelajah kota. Harga makanan yang ditawarkan juga relatif murah untuk sebuah kota wisata.

Di sepanjang jalur menuju Puncak Pass, yakni di sekitar Ciawi, Ciloto, hingga Cipanas, terdapat beragam kuliner unik dan patut dicoba saat berwisata ke Bogor. Tak hanya untuk dinikmati di tempat, B’timers juga bisa membeli sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Salah satu kuliner khas Bogor yang sudah tersohor dan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai kota besar di Indonesia ialah asinan bogor. Berbagai jenis buah seperti mangga muda, jambu air, kemang, menteng, anggur bogor, kedondong, bengkuang, nanas , pala biasanya akan diawetkan dengan cara diasinkan lalu direndam dalam kuah cuka. Taburan kacang goreng dan citarasa kuah yang asam, manis, dan pedas menjadikan jajanan yang satu ini sangat sesuai untuk disantap dalam iklim Bogor yang menggigit.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Santai ala Kaum Urban di Say Something Coffee

Selain asinan Bogor yang sudah terbilang mainstream, B’timers juga bisa mencoba asinan jagung bakar. Terletak di Gang Roda Suryakencana, kuliner unik ini sudah menjadi salah satu primadona kuliner di Bogor sejak tahun 1968. Tak hanya menjual asinan Bogor biasa, sensasinya kian berbeda dengan tambahan jagung manis bakar yang disiram bumbu asinan nan menyegarkan. Citarasa asam, pedas, dan manis khas asinan berpadu sempurna dengan asin dan gurihnya jagung bakar membuat tempat makan di Puncak ini tak hanya ramah kantong tapi juga membikin ketagihan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Nongkrong Di Medan Buat Si Doyan Makan

Terhampar di kawasan pegunungan nan subur, Bogor memiliki komoditas utama berupa aneka sayur dan umbi-umbian. Selain menjadi bahan pangan utama sehari-hari aneka jenis sayuran segar dan hasil budidaya perkebunan masyarakat Bogor sebagian besar diolah menjadi kudapan unik berupa keripik khas Bogor. Tak hanya kripik sayuran segar, B’timers bisa memilih keripik yang dibuat dari umbi seperti talas Bogor yang sudah terkenal luas. Tak hanya talas Bogor, ubi Cilembu juga terkenal kelezatannya dan banyak dijual di sepanjang jalur menuju Puncak Pass. 

Manis Asamnya Sajian Tempat Makan di Puncak | Breaktime
Tak hanya mengenyangkan, ubi Cilembu juga menawarkan sensasi legit bak madu

Ubi dengan warna oranye tua dan citarasa manis seperti madu sehingga sering disebut sebagai ubu madu ini sejatinya berasal dari daerah Cilembu, Sumedang, namun dapat dengan mudah dijajakan di berbagai tempat makan di Puncak. Ubi Cilembu bisa dinikmati dengan cara direbus biasa maupun dioven dan dibakar hingga cairan yang menyerupai madu akan keluar dan menghasilkan sensasi legit saat digigit. B’timers juga bisa membeli banyak untuk dibawa pulang dan dinikmati di rumah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Nongkrong Hideaway di Kopi Kecil Jakarta

Lokasi kota wisata Bogor yang cukup strategis di antara berbagai kota dan kabupaten lainnya membuat khazanah kuliner Bogor diperkaya dengan makanan lokal dari daerah-daerah di sekitarnya. Wisata kuliner yang banyak dijumpai di kawasan Puncak, khususnya area Cipanas yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur ialah sate maranggi. Makanan unik yang aslinya berasal dari Purwakarta ini merupakan sate berbahan dasar lemak daging sapi yang dibakar dengan menggunakan bumbu kecap manis. Guyuran sambal oncom pedas serta ketan bakar yang gurih menjadikan sate maranggi selalu dicari-cari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Bogor. Salah satu kedai sate maranggi yang selalu dipadati pengunjung ialah Sate Maranggi Sari Asih yang berlokasi di Jalan Raya Pacet, Cipendawa, Kabupaten Cianjur.

Manis Asamnya Sajian Tempat Makan di Puncak | Breaktime
Kedai Kita yang menjual menu andalan berupa pizza kayu bakar

Tempat makan di Puncak, Bogor yang juga tak boleh dilewatkan ialah Kedai Kita. Menu andalan berupa Pizza Kayu Bakar memberikan ssensasi tersendiri karena dibakar menggunakan tungku kayu bakar sehingga menghasilkan citarasa yang unik. Kedai pizza bakar dengan berbagai topping seperti beef pepperoni, Hawaiian, BBQ smoked beef, dan tuna dapat Anda temukan dengan mudah di Jalan Pangrango Nomor 21. Masih tak percaya kalau kawasan wisata Bogor tak hanya memiliki panorama menarik tapi juga aneka sajian unik? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE