Lidah Berjingkrak Riang di Warung Mbah Jingkrak | Breaktime
Lidah Berjingkrak Riang di Warung Mbah Jingkrak
12.01.2017

B’Timers, bagi orang Indonesia tidak lengkap rasanya kenikmatan makanan yang sedang Anda santap tanpa sensasi pedas membakar dari sambal. Ya, olahan cabe ini bagaikan soulmate yang tidak terpisahkan dan kemanapun Anda pergi Anda akan menemukannya dengan mudah di rumah makan yang menyajikan makanan nusantara.

Dan jika Anda penggemar berat sambal maka sudah tentu Anda memiliki kepekaan lidah yang sangat tinggi dan mampu menilai kelezatan suatu sambal dari tingkat kepedasannya, dan semakin pedas sambal tersebut maka semakin tinggi pula nilainya di mata Anda. Nah, jika Anda sedang berada di Jakarta dan ingin memperkenalkan cita rasa masakan lokal kepada klien asing, atau sekedar melengkapi petualangan kuliner Anda bersama sesama pecinta sambal Anda wajib datang dan mencicipi makanan di Warung Makan Mbah Jingkrak.

Hmm, dari nama warungnya saja mungkin sudah membangkitkan rasa penasaran Anda. Warung makan mbah Jingkrak adalah sebuah rumah makan yang menyajikan masakan tradisional dari tanah Jawa. Hanya itu? Tentu tidak! Selain menyediakan masakan-masakan khas Jawa dengan cita rasa desa yang nostalgia, pengelola warung makan ini juga menyesuaikan dekorasi ruangan maupun eksterior dengan tema desa yang sangat kental sehingga ketika Anda memasuki bangunan resto tersebut Anda akan dibuat pangling dan seakan-akan Anda sedang berada di desa nenek tercinta.

Di dekat pintu masuk, Anda akan disambut dengan patung seorang mbah putri, atau nenek perempuan yang berjingkrak lucu. Dan ketika Anda memasuki ruangan restoran, Anda akan berada di sebuah ruangan dengan dekorasi seperti rumah-rumah pada umumnya. Walaupun yang membedakan adalah deretan makanan yang disediakan secara prasmanan di atas meja panjang. Di beberapa sudut ruangan juga terdapat berbagai macam koleksi-koleksi unik, seperti koleksi botol kecap dari tiap generasi, koleksi topi serta koleksi wayang yang ditempel di dinding. Selain itu terdapat juga rak yang diisi oleh berbagai macam koleksi rokok. 

Lidah Berjingkrak Riang di Warung Mbah Jingkrak | Breaktime
Menikmati makanan pedas sehabis bermain air? Yum!

Selain itu Anda juga akan melihat berbagai macam lukisan kanvas maupun lukisan dinding yang sangat indah dan menimbulkan kesan artistik yang dalam. Dan tentu saja kesan Jawa tradisional yang sangat lekat berkat hiasan ukiran-ukiran kayu yang semakin membuat ruangan makan terlihat elegan dan unik. Dan jika Anda berjalan lurus ke arah kebun belakang, Anda akan sampai di teras belakang dengan bangku-bangku kayu jika Anda ingin makan sambil menikmati semilir angin yang sejuk. Dan bagi Anda yang membawa anak-anak, jangan lupa membawakan baju renang untuk mereka karena siapa tahu, mereka akan tergoda untuk berenang dan bermain bola di kolam renang yang juga tersedia di rumah makan ini.

Setelah Anda memuaskan diri memanjakan panca indera mata Anda dengan keindahan dekorasi di warung makan Mbah Jingkrak, saatnya Anda memanjakan indera pengecap Anda dengan mencicipi makanan-minuman yang tersedia. Seperti yang telah ada di deskripsi di atas, Warung Mbah Jingkrak memberlakukan sistem makanan prasmanan. Anda dapat memilih sendiri menu makanan yang Anda inginkan. Selanjutnya, pelayan dengan kostum Jawa dan berblangkon akan menghangatkan makanan pilihan Anda, Anda hanya perlu duduk manis menanti makanan pesanan diantarkan ke meja Anda.

Hal yang unik dari warung makan ini tidak hanya dari sistem pelayanannya saja, melainkan dari nama makanan dan minuman yang nyleneh, sebagai contohnya Ayam Gerandong, Ayam Wewe, Es Kolor Ijo, Es Tobat, dan lain sebagainya. Dan bagi Anda yang menggemari sambal yang pedas dan ingin menantang ketahanan lidah (dan perut), Anda wajib memesan Sambal Iblis yang merupakan sambal primadona di warung makan ini.

Sudah cukupkah rasa penasaran Anda? Yuk, tancap gas ke Jl. Setiabudi Tengah No. 11 Jakarta Selatan. Harga yang tersedia pun tergolong sangat terjangkau, lho! Hanya dengan budget minimal Rp 50.000,- sampai Rp 100.000,- lidah Anda dijamin akan berjingkrak seru! (dkp)

Share This Article