Kuliner Budaya di Lara Djonggrang, Harus Coba! | Breaktime
Kuliner Budaya di Lara Djonggrang, Harus Coba!
31.07.2016

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, apa yang sudah Anda lakukan agar sejarah yang kita miliki tak terlupakan? Sepertinya apa yang dilakukan oleh pemilik dan pengelola restoran Lara Djonggrang – Menteng, Jakarta ini patut untuk ditiru. Yaps, jika Anda tinggal di daerah ini, B’timers tentunya sudah tidak asing dengan restoran bertema etnis dan historis ini, kan?

Kuliner Budaya di Lara Djonggrang, Harus Coba! | Breaktime
Senangnya ada yang ngucapin ‘selamat makan’

Kessy Adeylanie, Marketing Officer restoran Lara Djonggrang mengungkapkan bahwa komitmen awal membuka restoran ini adalah untuk mempertahankan ingatan masyarakat terhadap sejarah lewat kuliner. Anda akan mendapat kesan yang lebih dari sekedar rumah makan biasa begitu masuk ke restoran ini. Selain khusus menyajikan menu-menu Indonesia, Lara Djonggrang juga menyajikan suasana asli budaya dan sejarah Indonesia.

Suanasa Lara Djonggrang

Lara Djonggrang sendiri sudah diresmikan sejak tahun 2005 silam oleh Sutiyoso, Gubernur DKI Jakarta saat itu. Didirikan di sebuah bangunan yang dulunya adalah milik ajudan Bung Karno. Ruangan ini pun dibuat sangat cantik dan benar-benar historik. Deretan lampu teplok, patung, seperangkat gamelan dan lilin-lilin yang indah. Alunan tembang Jawa pun ikut menghibur Anda di sela-sela asyiknya menikmati koleksi barang antik yang berjejer memenuhi ruangan restoran.

Kuliner Budaya di Lara Djonggrang, Harus Coba! | Breaktime
Suasana salah satu ruangan di Lara Djonggrang

Menu

Menu andalan Lara Djonggrang - Menteng memang istimewa. Menu Pasar Nelayan Kampung Tugu yang terdiri dari berbagai hidangan laut seperti lobster, ikan bawal, kerang dan cumi dan diletakkan di atas wadah berbentuk kapal adalah salah satu menu yang selalu menjadi pilihan tamu asing. Begitu juga dengan menu Pasar Satay yang terdiri dari berbagai jenis sate, seperti sate sea food, sate ayam, sate sapi, sate kambing dan sate lilit.

Kuliner Budaya di Lara Djonggrang, Harus Coba! | Breaktime
Ruangan lain yang bisa dipilih

Menu andalan lainnya yang tak kalah populer adalah Nasi Kepulauan. Sepiring nasi gurih berbentuk kepala Arjuna (tokoh wayang) dihidangkan di atas piring bermotif batik Mega Mendung khas Cirebon, disertai dengan satu set lauk pauk seperti ayam, lalap, orek tempe, kacang goreng dan sayur lodeh. Sudah terbayang lezatnya, B’timers?

Kuliner Budaya di Lara Djonggrang, Harus Coba! | Breaktime
Segarnya es siwalan untuk penutup

Restoran Lara Djonggrang memang punya cara sendiri dalam menerjemahkan apresiasi budaya. Semangkuk Es Siwalan akan menjadi hidangan penutup yang sempurna. Kesegaran yang langka akan Anda rasakan seperti langkanya restoran berkonsep sejarah seperti di Lara Donggrang – Menteng ini. (nap)

Lara Djonggrang

Imperial Indonesian Cuisine
Jl. Teuku Cik Di Tiro No.4, Jakarta Pusat
Telp. (021)3153252
Fax. (021)3160488
Email: laradjonggrang@tuguhotels.com

Share This Article