Ini Resep Kue Lapis Legit Tiga Warna Paling Juara!
Ini Resep Kue Lapis Legit Tiga Warna Paling Juara!
22.07.2017

Kue lapis legit adalah kue yang tak cuma enak untuk dimakan, namun juga memiliki tampilan yang sedap dipandang. Dan nyatanya, cara membuat kue ini sederhana banget kok! Tak percaya? Simak deh resep kue lapis legit tiga warna yang dipastikan akan disukai oleh seluruh keluarga di bawah!

Kue Lapis Legit Tiga Warna

BACAJUGA:1 

Bahan-bahan:

  • 250 gram margarin
  • 25 gram tepung maizena
  • 8 buah kuning telur
  • 3 buah putih telur
  • 4 tetes pewarna makanan
  • 200 gram gula pasir halus
  • ½ sendok teh cokelat pasta
  • ½ sendok teh baking powder
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram susu bubuk putih
  • Kertas roti secukupnya

Susu kental manis

Kue lapis legit sering juga disebut sebagai kue spekkoek
Kue lapis legit sering juga disebut sebagai kue spekkoek

Setelah mengetahui bahan-bahan resep kue lapis, sekarang saatnya Anda langsung mempraktikkan cara membuat kue dengan kelezatan manis menggigit ini. Cara membuatnya pun dibagi menjadi dua, yakni cara dalam membuat adonan serta cara dalam memanggang dan menyusun kue lapis legitnya.

Cara membuat adonan lapis legit:

  1. Pada sebuah wadah, masukkan margarin beserta gula untuk dikocok menggunakan mixer. Kocok kedua bahan hingga berubah warna menjadi warna putih.
  2. Selanjutnya, tuangkan kuning dan putih telur untuk ikut dikocok bersama kedua bahan sebelumnya. Masukkan secara perlahan alias sedikit demi sedikit agar tercampur rata.
  3. Kini saatnya menambahkan bahan-bahan kering seperti susu bubuk, tepung maizena, tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan. Saat dimasukkan, pastikan Anda sembari mengayak bahan-bahan kering ini agar tak ada gumpalan yang muncul di dalam adonan. Kembali kocok adonan sampai benar-benar tercampur sempurna.
  4. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Pilih satu bagian adonan untuk diberi pewarna makanan telah disiapkan sebelumnya. Jangan lupa untuk aduk pewarna makanan pada adonan sampai benar-benar tercampur, ya.
  5. Pilih satu bagian lagi untuk dimasukkan coklat pasta lalu lakukan hal yang sama seperti pada langkah nomor empat. Ini berarti Anda menyisakan satu adonan yang tak diberi tambahan pewarna atau perasa apapun.

BACAJUGA:2 

Cara membuat kue lapis legit:

  1. Siapkan loyang untuk membuat roti alias loyang loaf yang berukuran 24 cm x 10 cm x 7 cm. Gunakan margarin untuk dioleskan pada seluruh permukaan bagian dalam loyang. Biar tak lengket, lapisi lagi bagian dalam loyang dengan kertas roti.
  2. Tuangkan adonan coklat seberat 100 gram ke dalam loyang lantas masukkan ke dalam oven untuk dipanggang selama lima menit.
  3. Setelah lapisan matang, keluarkan loyang dari oven untuk kembali dituangi adonan coklat. Masukkan kembali ke loyang ke dalam oven dengan waktu memanggang yang sama. Ulang langkah ini seperti ini sebanyak tiga kali lapisan.
  4. Masukkan adonan putih sebanyak 100 gram sebagai lapisan keempat yang ditambahkan di atas lapisan warna coklat. Sesudah itu, masukkan loyang ke dalam oven dan tunggu selama lima menit pula.
  5. Setelah dikeluarkan, kembali tuangkan adonan putih dengan takaran yang sama dan masukkan lagi loyang ke dalam oven selama lima menit. Lakukan langkah ini sampai tiga kali lapisan.
  6. Baru yang terakhir, masukkan lapisan adonan berpewarna dan praktikkan langkah yang sama persis seperti pada adonan-adonan yang sebelumnya.
  7. Setelah matang, keluarkan kue dari loyang dan rapikan sisi-sisi samping kue lapis.
  8. Terakhir, kue dipotong secara diagonal lalu disusun dalam posisi berlawanan. Pada tiap bagian tengah lapis, oleskan susu kental manis sebagai perekat.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sorghum Salad Wrap Bikin Kenyang Lebih Lama

Kue lapis legit ini cocok banget lho dihidangkan dalam berbagai acara. So that’s why, tak ada salahnya untuk segera mencoba resep kue lapis ini di rumah. Happy baking, B’timers!(kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE