Gemoelai, Nasi Otentik dengan Lauk Super Komplet | Breaktime
Gemoelai, Nasi Otentik dengan Lauk Super Komplet
26.06.2015

Hidangan rumahan memang tidak bisa lepas dari lidah kita sebagai orang Indonesia. Tapi, B’timers yang tinggal jauh dari rumah tentu tak bisa setiap saat menikmati kesederhanaan dan rasa otentik dari masakan rumahan, ya!

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena Breaktime menemukan sebuah restoran yang menyajikan masakan tradisional, layaknya masakan rumahan. Ya, Gemoelai restoran namanya yang berada di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Persisnya di depan Polres Metro Jakarta Selatan. Restoran ini memiliki tata ruang yang nyaman dengan tempat makan dari bangku-bangku kayu berwarna hitam. Deretan wajan tanah liat berisi aneka lauk ditata berjajar di salah satu sisinya.

Suasana di ruang resto gemoelai
Area makan di ruang tengah Resto Gemoelai

Bagi Anda yang belum pernah ke tempat ini, jangan kaget. Karena nasi dengan lauk komplet atau nasi ramesan tersaji di restoran ini. Tinggal pilih saja. Ada nasi limo, nasi gurih, nasi cakalang, nasi pecel Blitar, nasi bogana atau nasi ikan krispy, nasi pecel ayam dan nasi uduk abang none. Bagaimana B'timers, Anda bingung mau memilihnya bukan?

Sambil menunggu pesanan nasi, coba juga seporsi Asinan Jakarta dan semangkuk Soto Betawi sebagai sajian pembuka. Asinan Jakarta atau biasa juga disebut Asinan Betawi dengan topping kerupuk merah dan kuning yang sangat menggiurkan untuk dicoba. 
Kuah asinan dengan rasa asam pedas manis ini pas ketika dipadu dengan renyahnya tauge, kol, dan kerupuk kanji. Apalagi saat kerupuk mie dan kanjinya sudah mulai lembek terendam kuahnya yang enak. Sungguh menyegarkan!

Untuk menu makanan berat, nasi uduk abang none lumayan menjadi favorit pengunjung di rumah makan ini. Tapi menu lain seperti Nasi Limo Gemoelai dan Nasi Gurih Gemoelai juga tidak kalah 'nendang' rasanya.

Nasi Gurih Gemoelai
Nasi Gurih Gemoelai

Nasi Gurih Gemoelai ditata cantik berbentuk kerucut mungil di keliling bermacam-macam lauk seperti daging suwir, udang goreng tepung, ayam bakar yang disuwir, ikan asin cabe hijau, sambal matah, dan salad mangga.

Wangi bunga kecombrang tercium harum dari nasinya. Ada tekstur renyah dengan rasa sedikit pedas asam khas rempah. Karena nasinya pulen, kecombrang yang diiris halus, ditumis dan diaduk dengan nasi menjadikan rasanya unik. Sensasi sambal matah dan salad mangga muda yang renyah, asam dan segar membuat suapan nasi ini komplet rasanya.

Nasi Limo Gemoelai
Nasi Limo Gemoelai

Nasi Limo dengan aroma wangi daun jeruk juga tak kalah nikmat. Terlihat irisan halus daun jeruknya dan bawang goreng. Sedangkan lauknya cumi cabe hijau, kentang balado, remet nangka, sambal matah, dan ayam bakar yang disuwir kasar.

Nasi pulen yang wangi segar ini berjodoh dengan cumi cabe hijau yang pedas segar. Yang unik, remet nangka, nangka muda yang dicincang dengan rasa gurih.

Es Serut Kedondong
Es Serut Kedondong

Mengakhiri santap siang atau sore Anda, tutup dengan segelas es serut manga atau es serut kedondong. Asam segar dan renyah direndam sirup yang tak terlalu legit. Rasanya, minuman ini pas sekali dijadikan penutup kuliner Anda. 

Gemoelai

Jalan Melawai V no. 60, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Telepon: 021-7210967

Buka jam: 10.00 – 22.00 WIB

Range harga:
Fasilitas:

- Free WIFI
- Smoking area
- Delivery order

Share This Article