Filosofi Kopi - Dari Kata Menjadi Nyata | Breaktime

ARTIKEL KULINER

Inijie

Travel Blogger & Profesional Photographer.

Filosofi Kopi - Dari Kata Menjadi Nyata
23.01.2016

Berawal dari kumpulan cerpen Filosofi Kopi karya Dewi Lestari di tahun 2006. Kemudian, buku tersebut diangkat ke layar lebar, salah satu faktornya karena kopi sudah jadi bagian dari gaya hidup masa kini, B’timers.

Filosofi Kopi - Dari Kata Menjadi Nyata | Breaktime
Cappuccino dan Churros yang khas

Tadinya coffee shop di kawasan Melawai ini memang dibuat hanya untuk lokasi syuting film. Tapi, dengan penggarapan konsep yang sangat serius, Filosofi Kopi jadi tempat idaman para pemburu kopi. Bahkan coffee shop kondang seperti 1/15 dan ABCD turut menjadi advisor.

Film Filosofi Kopi sukses besar di dunia perfilman Indonesia. Namun, coffee shop-nya tetap dilanjutkan oleh Rio Dewanto & Chicco Jerikho, pemeran Jodi dan Ben di film Filosofi Kopi. Mereka pun kerap tiba-tiba muncul on the spot untuk melayani tamu yang datang B’timers. Menyeduh kopi dan.. bonus berfoto bersama.

Filosofi Kopi - Dari Kata Menjadi Nyata | Breaktime
Interior kafe yang sangat artsy dan cozy

Semua elemen dalam buku Filosofi Kopi pun diangkat dalam eksekusi nyata kedai kopi ini. Bahkan nama blend-nya pun sama dengan yang di buku. Misalnya saja, Ben’s Perfecto dan Kopi Tiwus. Tak lupa juga elemen interior kucing hoki yang melambangkan kata “Cuan cuan cuan” yang sering diucapkan tokoh Jodi di film.

Filosofi Kopi - Dari Kata Menjadi Nyata | Breaktime
Penyajian unik dan nikmat disantap

Ambiance keren dengan dinding batu bata di dalamnya, dan bekas bangunan tua dengan tembok yang sudah mengelupas warnanya. Taste-nya? Cappuccino dengan Ben’s Perfecto tampil dengan rasa yang kekinian. Tak terlalu keras, tapi sangat terasa aksen yang fruity dan sweet. Easy to drink, bahkan hingga cup kedua.

Filosofi Kopi - Dari Kata Menjadi Nyata | Breaktime
Menu pamungkas lewat seduhan Kopi Tiwus

Kopi Tiwus di buku Filosofi Kopi yang jadi biji kopi pamungkas, juga bisa dinikmati di cafe ini B’timers. Namun sayang, single origin aslinya dirahasiakan oleh para barista, mungkin agar lebih terasa greget bagi pembaca bukunya. Tiwus diolah dengan metode tubruk, wangi floral dan citrusy yang elegan, semerbak menyapa siapa saja yang menikmatinya.

Filosofi Kopi - Dari Kata Menjadi Nyata | Breaktime
Mencicipi Churros sambil bersantai dan mengobrol

Belum ada makanan berat yang tersedia. Hanya camilan-camilan ringan untuk pemanis suasana. Churros kali ini sudah duduk manis tersaji di meja. Manis crispy dan porsinya pas buat menemani menyeruput kopi dan ngobrol santai, tak terasa sudah habis begitu saja.

 

Overall, tidak ada salahnya untuk sesekali mengunjungi cafe ini sebagai tempat pelepas penat seusai kerja. Eksekusi cafe tidak berbeda jauh dengan buku. Memuaskan baik para penikmat kopi maupun sastra. Bisa dibilang salah satu cafe tematik terbaik di Jakarta.

Alamat:

Jl. Melawai VI

Blok M, Kebayoran Baru

South Jakarta, 12160

Jam Buka:

Mon - Fri 11:00 - 23:00

Sat - Sun 07:00 - 23:00

Harga:

Cappuccino – 30k

Churros – 20k

Share This Article