5 Street Food Jepang yang Bikin Susah Move On | Breaktime

ARTIKEL KULINER

Inijie

Travel Blogger & Profesional Photographer.

5 Street Food Jepang yang Bikin Susah Move On
30.07.2016

Selain Sushi atau Ramen yang masuk kategori makanan berat, Jepang juga punya banyak snack seru B’timers. Sebagian dari street food tersebut mungkin sudah ada versi Indonesianya di mall-mall. Tapi, tentu lebih afdol kalau disantap langsung di negara asalnya, bukan?

Selain lebih autentik, harganya pun tidak terlalu mahal untuk ukuran Jepang. Hanya sekitar 200-500 Yen saja (Rp 20-50 ribu). Nah, ini dia 5 street food yang paling bikin kangen Jepang versi penulis:

1.Taiyaki

5 Street Food Jepang yang Bikin Susah Move On | Breaktime
Kue berbentuk ikan

Taiyaki adalah kue Jepang berbentuk ikan. Bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue. Setelah kue hampir matang, keduanya disatukan dengan selai kacang merah. Kue ini juga sering diisi dengan cokelat, vla, keju, atau sosis. Mirip dengan adonan dorayaki atau pancake, adonan taiyaki dibuat dari campuran tepung. Bisa dijumpai di hampir semua kota di Jepang.

2.Takoyaki

5 Street Food Jepang yang Bikin Susah Move On | Breaktime
Takoyaki, Katsuoboshi menari di atasnya

Takoyaki adalah salah satu camilan enak dari daerah Kansai, Jepang. Bentuk dari Takoyaki bulat kecil-kecil menyerupai bola pingpong. Di Jepang, Takoyaki terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi dengan potongan gurita di dalamnya. Taburan katsuoboshi atau fish flakes kerap menjadi topping-nya dan menari-nari terkena uap hangat dari Takoyaki yang baru dipanggang. Rasanya gurih sekali dan pas disantap saat cuaca dingin.

3. Furankuchizu (Sausage Cheese Egg Roll)

5 Street Food Jepang yang Bikin Susah Move On | Breaktime
Furankuchizu, wajib dicoba saat ke Osaka

Makanan unik ini hanya penulis jumpai di Osaka, B’timers. Tepatnya di Osaka Castle. Proses masaknya cukup unik. Sosis dilapis dengan cheese dan telur setengah matang. Sensasinya wow! All the creamy texture in one bite.

4. Dango

5 Street Food Jepang yang Bikin Susah Move On | Breaktime
Dango, manis dan chewy yang menyenangkan

Dango adalah bola-bola ketan yang dipanggang lalu dilumuri dengan saus madu dan karamel. Rasanya sungguh unik B’timers. Ketannya kenyal dan harus segera dinikmati selagi hangat. Ketika dingin bakalan jadi chewy. Rasa grill aroma yang khas semakin menambah sedap hidangan ini. Saus honey caramel bikin betah mengunyah bola ketan hingga porsi terakhir.

5. Matcha Ice Cream

5 Street Food Jepang yang Bikin Susah Move On | Breaktime
Matcha Ice Cream – Instagenic Material

Matcha Ice Cream adalah jajanan yang paling wajib dicoba. Selain rasa khas Matcha yang memang khas Jepang, bentuknya yang instagenic tentunya bikin histeris teman-teman di tanah air kan, B’timers. Teksturnya sangat soft dan aroma matcha-nya kuat namun rasa manisnya balance. Japanese perfection!

Nah B’timers, mau cobain street food yang mana dulu, nih? (inijie)

Share This Article