5 Kuliner Kedaerahan Paling Hits di Jakarta | Breaktime
5 Kuliner Kedaerahan Paling Hits di Jakarta
09.08.2017

Ngomongin tentang kuliner itu memang seru dan bisa bikin perut ikut keroncongan. Nah, di situ asyiknya. Apalagi kalau kita membicarakan tentang masakan khas Indonesia yang berasal dari beragam daerah. Makanya, kuliner nusantara punya banyak sekali kebanggaan makanan yang bisa dicicipi. Bahkan, nih, sejumlah daerah punya masakan yang sangat hits ke seantero negeri.

Bagaimana kita bisa tahu masakan daerah mana, nih, yang hits ke seluruh negeri? Dari Sabang sampai Merauke yang kaya citarasa, B’timers tentu sering notice ada warung-warung dan restoran yang menjual masakan khas daerah, dan itu pasti ada di seluruh Indonesia. Nah, seperti dilansir dari The Jakarta Post pada 2015, ada 5 restoran terbaik ibukota yang menyajikan kesedapan kuliner daerah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Tempat Makan Di Jogja Selalu Bikin Rindu

Yang pertama adalah masakan Minang. Nah, siapa coba yang tidak kenal masakan Padang? Rempah-rempah yang khas, kuah kental bersantan, lalu rasa cabai yang pedas pada bumbunya, citarasa gurih membuat masakan Padang bisa langsung kita ketahui lewat satu kecapan saja. Ada Rumah Makan Padang Mekar Jaya yang terletak di Jalan Mampang Prapatan Raya N0. 19 Jakarta Selatan.

5 Kuliner Kedaerahan Paling Hits di Jakarta | Breaktime
Rendang masakan Padang yang lezatnya mendunia (cr. ummi-online)

Rumah makan ini juga mendapat review dari Qraved, lho. Diklaim masakannya sangat merepresentasikan rasa original bumbu rempah khas Padang. Harga menu tiap makanannya mulai dari Rp 13.000, sedangkan minumannya mulai dari Rp 5.000. Setelah masakan Padang, berikutnya kita beralih ke masakan Bali. Kuliner nusantara yang kedua ini juga sangat terkenal di tanah air.        

Bali tak hanya menjadi pusat wisata, namun juga kuliner unik yang sedap. Seperti babi guling, lalu ayam betutu, sate ikan, bumbu masakan Bali lebih sering didominasi rempah kunyit dan kencur. Kalau di Jakarta, memang tidak semudah itu menemukan masakan Bali, terutama babi guling. Namun, ada food court kecil yang berada di dalam sebuah Pura di Rawamangun, Jakarta Timur.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Wisata Kuliner di Jogjakarta Paling Hits

Di food court tersebut menyajikan makanan khas Bali mulai dari sup nangka, sate ikan, lalu daging babi kecap, range harganya adalah antara Rp 15.000 - Rp 30.000. Buka hanya saat makan siang di hari kerja, lalu buka Sabtu dan Minggu, dan menu babi guling tersaji hanya pada hari Minggu. Nah, kalau tadi masakan Bali, berikutnya adalah masakan Batak.

5 Kuliner Kedaerahan Paling Hits di Jakarta | Breaktime
Lontong sayur halal untuk siapa saja yang ingin menikmati (cr. Youtube Resep masakan)

Kalau di Jakarta ada cukup banyak restoran yang menyediakan masakan khas daerah Sumatera Utara ini. Salah satunya seperti Kedai Kak Ani yang ada di Kemang, Jakarta Selatan. Banyak mendapat review di Zomato, rumah makan ini menyajikan makanan halal, seperti nasi campur serta lontong sayur atau juga sering dikenal dengan nama lainnya lontong Medan. Harga tiap menu di sini berkisar antara Rp 20.000 – Rp 100.000.

Dari Batak kita jalan-jalan ke daerah kuliner keempat yaitu Manado. Masakan Minahasa atau Manado punya citarasa pedas yang menjadi khasnya. Yang menjadi restoran favorit di Jakarta salah satunya adalah Tinoor Permai, cukup banyak juga yang me-review di Zomato. Rumah makan ini dikenal karena sudah ada sejak 1970-an, menyajikan kelezatan masakan asli Sulawesi Utara.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Wisata Kuliner di Jogjakarta Paling Hits

Buka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam, kisaran harga makanan di Tinoor Permai adalah Rp 180.000 untuk dua orang. Nah, yang terakhir adalah masakan khas Makassar. Kalau memikirkan kuliner daerah yang satu ini, pastinya langsung ingat coto Makassar, ya. Selain itu, satu lagi makanan yang juga terkenal adalah sop konro. Coto Makassar unik karena dimakan bukan dengan nasi melainkan ketupat dan lontong.

5 Kuliner Kedaerahan Paling Hits di Jakarta | Breaktime
Lezatnya coto Makassar yang disantap dengan lontong (cr. Foody.id)

Lalu, bumbu rempahnya sangat kaya, karena juga ada kacang tanah yang disangrai dan dihaluskan dengan diuleg, menaytu nikmat dengan bumbu yang lainnya. Ditemani sambal tauco rasanya pun makin nendang. Kalau menurut jurnalis Trie Suharman, salah satu restoran Makassar recommended di Jakarta Selatan adalah Daeng Memang yang terletak di Jalan Ampera Raya.

Jelas menu favorit di sini adalah coto Makassar. Berdasarkan review di Zomato, kisaran harga menunya adalah Rp 10.000 – Rp 60.000 untuk setiap makanan dan minuman. Nah, B’timers yang lagi di Jakarta barangkali bisa mampir ke tempat–tempat makan tadi, nih. Cobain, ya. (md)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE