Yunani, Negeri Para Dewa dengan Kuliner Istimewa
Yunani, Negeri Para Dewa dengan Kuliner Istimewa
20.09.2015

Yunani tak hanya terkenal dengan mitologi dan dewa-dewinya, makanan khas Yunani pun memiliki cita rasa nikmat yang wajib B’timers cicipi. Berbahan dasar minyak zaitun, jus lemon, sayur, rempah-rempah, roti, ikan dan berbagai daging, ini dia daftar makanan khas Yunani yang wajib dijajal.

Taramasalata

Jangan lewatkan taramasalata, krim yang terbuat dari ikan roe. Makanan yang satu ini paling nikmat disantap bersama kentang atau roti dengan perasan lemon dan tetesan minyak zaitun.

Moussaka

Dengan nama yang terdengar seperti makanan Persia atau Turki, moussaka terbuat dari tumis terong, daging cincang goreng, puree tomat, bawang merah, bawang putih, rempah-rempah dan sedikit kentang. Penyajiannya pun terlihat amat lezat dengan topping perutan keju dan saus béchamel.

Nikmatnya Taramasalata, krim dari ikan roe
Nikmatnya Taramasalata, krim dari ikan roe

Kolokythokeftedes

Terasa sulit memang mengeja nama makanan yang satu ini. Makanan yang terbuat dari parutan courgette, dill, mint dan kombinasi bumbu rahasia lainnya ini kerap kali dibentuk layaknya patty atau bola-bola kecil. Untuk penyajian, kolokythokeftedes biasanya dipasangkan dengan tzatziki, saus yogurt dengan potongan bawang putih khas Yunani.

Baca Juga : 7 KULINER TURKI YANG LEZATNYA DIJAMIN BIKIN KETAGIHAN

Feta & Keju

Ketika bertandang ke Yunani, jangan melewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka keju Yunani. Carilah counter penjual keju seperti feta yang lembut dan lezat, graviera yang nikmat digoreng, maupun mizithra yang merupakan keju putih lembut. Jika tak punya kesempatan untuk mencicipinya satu-satu, nikmati saja tyropita alias kue keju.

Legitnya Baklava yang berlapis-lapis
Legitnya Baklava yang berlapis-lapis

Baklava

Tak hanya makanan bercita rasa gurih, masyarakat Yunani juga menyukai makanan berasa manis dan legit dengan perpaduan minyak zaitun dan madu. Salah satunya yang harus Anda coba adalah baklava. Jika masih kurang, cicipi juga teman baklava yang bernama galaktoboureko, yakni kue berisi custard.

Portokalada

Makan, pasti kurang lengkap tanpa didampingi minuman. Untuk itu, cobalah portokalada alias lemonade untuk menemani menu utama Anda. Portokalada merupakan minuman populer di Yunani yang biasa disajikan di rumah, kafe, maupun restoran. Bahannya pun cukup simple, yakni jus jeruk atau jus lemon yang dicampur dengan air berkarbonasi. Ingin lebih manis, tambahkan gula ke minuman Anda.

Jangan lupa cicipi makanan khas Yunani ini satu-satu ya, B’timers!

Share This Article