Yummy, Cerita Manis di Balik Bika Ambon Medan | Breaktime
Yummy, Cerita Manis di Balik Bika Ambon Medan
16.04.2016

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri. Itulah mengapa rasanya tak akan pernah cukup waktu jika harus menjelajah setiap sudut untuk mencicipi semua hidangan khas di Indonesia. Nah, untuk kali ini kita jalan-jalan di Medan, yuk, B’timers! Ya, kota di Sumatera Utara ini menawarkan bermacam pilihan sajian yang unik, lho. Salah satunya si legit bika ambon Medan.

Tapi pasti Anda penasaran, kok bisa namanya bika ambon tapi bukan dari Ambon, sih, B’timers? Hmm, apa kira-kira alasan di balik nama tersebut, ya? Ternyata kata ambon tidaklah merujuk pada nama daerah di Indonesia bagian timur, lho, B’timers. Melainkan lebih ke Jalan Ambon di mana kue ini pertama kali dijual.

Yummy, Cerita Manis di Balik Bika Ambon Medan | Breaktime
Tekstur dan rasanya yang unik membuat banyak orang mencarinya

Kue manis berwarna kuning dengan tekstur kenyal dan berongga ini terlihat mirip seperti martabak manis, sih. Bedanya adalah aroma rempah yang khas dan menghangatkan, yang menggoda siapapun untuk menyantapnya. Tidak lengkap rasanya jika ke Medan tidak membeli sajian khasnya, B’timers. Apalagi sekarang sudah tersedia pilihan rasa lain, seperti keju, cokelat dan durian.

Dan bagaimana bika ambon bisa begitu enak, ya, B’timers? Rahasianya ada pada santan yang digunakan. Santan yang baik untuk kue ini adalah santan kental dari kelapa tua. Sangat tidak disarankan menggunakan santan instan. Mengapa? Karena biasanya santan instan telah ditambahkan bahan emulsi agar terlihat kental.

Anda pasti suka mengendus bika ambon sebelum melahapnya, kan, B’timers? Selain teksturnya yang legit dan rasanya yang manis, banyak yang mengaku senang dengan aroma yang menyeruak ketika bika ambon disajikan. Ya, karena wangi bika ambon Medan yang spesial, nafsu makan kita bertambah. Aroma khas yang keluar itu didapatkan dari daun jeruk dan daun pandan, lho. Hmm, pantas saja berbeda.

Yummy, Cerita Manis di Balik Bika Ambon Medan | Breaktime
Rahasia dari aroma bika ambon yang menggoda

Yang unik lagi, meskipun pembuatannya sama sekali tidak ditambahkan bahan pengawet, bika ambon bisa tahan hingga 3 hari. Tapi tetap saja, yang paling nikmat adalah menyantap bika ambon yang baru keluar dari panggangan, bukan? Apalagi jika ditemani dengan secangkir teh pahit hangat sambil menikmati udara pagi yang sejuk dan sinar mentari yang hangat.

Nah, jika Anda memiliki resep unik keluarga dengan varian bika ambon Medan versi baru, tidak ada salahnya ikut bergabung di #BTindChallenge. Mengapa harus lewat Breaktime Challenge? Karena hanya di sini Anda dapat membuktikan kemampuan Anda mengolah masakan daerah yang lezat. Ada banyak pilihan lengkap berkaitan dengan #BTindChallenge melalui Facebook Page Breaktime (https://www.facebook.com/BreaktimeInd/). Ikuti dan tunjukkan pada dunia, Andalah sang #SmartKoki! Go go, B’timers! (NO)

Share This Article