Praktekkan Tips Sederhana Sukses Membuat Balado! | Breaktime
Yuk, Praktekkan Tips Sederhana Sukses Membuat Balado!
07.07.2016

Siapapun yang menyukai masakan pedas, pasti kenal dengan balado. Namun sudah tahukah Anda tips sukses membuat balado dengan rasa yang enak menggugah selera, B’timers? Nah, balado adalah teknik memasak khas Minangkabau dengan cara menumis cabai giling. Yang menjadi bumbunya, tentu berbagai rempah khas Indonesia, seperti bawang merah, bawang putih dan jeruk nipis.

Praktekkan Tips Sederhana Sukses Membuat Balado! | Breaktime
Lezat dan menggodanya terong balado ini, ya?

Sukses bikin balado dengan tips berikut

Tidak sama dengan sambal lainnya yang hanya menggunakan cabai giling atau tumbuk sebagai teman untuk menikmati makanan. Balado sendiri dihidangkan setelah dimasak kembali dengan berbagai jenis makanan. Sebut saja daging dendeng, teri, ikan, telur ataupun ayam. Nah, membuat balado ini ternyata ada triknya, lho, B’timers!

  • Gunakan cabai merah besar segar. Untuk memberikan rasa pedas, Anda bisa menambahkan cabai keriting. Bahkan beberapa buah cabai rawit merah pun wajar ditambahkan ke dalam balado, lho.
  • Untuk Anda yang tidak menyukai balado pedas, trik menghilangkan atau mengurangi pedasnya, buang terlebih dahulu biji pada cabai yang akan digunakan, B’timers. Baru setelah itu Anda bisa mengolahnya.
Praktekkan Tips Sederhana Sukses Membuat Balado! | Breaktime
Siapa yang akan menolak udang balado ini, B’timers?
  • Salah satu ciri khas dari balado adalah tekstur cabai yang kasar dan agak berminyak. Nah, tips sukses membuat balado, tumbuk cabai dengan kasar. Saat menggoreng, gunakan minyak yang banyak dan baru.
  • Jika Anda ingin membuat daging balado, olah daging terlebih dahulu untuk menghilangkan kandungan airnya. Cara mudahnya adalah dengan mengiris tipis daging, lalu memanggangnya dalam oven.
  • Dan untuk yang ingin membuat telur balado, setelah telur direbus, goreng telur hingga kulitnya sedikit berkerak. Pastikan Anda menggoreng telur dengan minyak yang benar-benar sudah panas, B’timers.
  • Balado terong? Hmm, tak kalah lezat, lho! Sebaiknya pilih terong ungu yang sudah matang. Potong terong menjadi dua bagian, goreng terong pada bagian kulit terlebih dahulu, baru balik terong.
  • Anda tentu tahu, bahwa makanan yang dimasak balado akan jauh lebih tahan lama. Namun demikian tetap harus diperhatikan cara penyimpanannya, B’timers. Anda bisa menyimpan balado dalam kulkas setelah dimasukkan dalam wadah tertutup.

Nah, dengan tips sukses membuat balado, Anda siap mempraktekkan langkah sukses membuat balado, kan, B’timers? (NO)

Share This Article