Yuk, Mengenal Jenis Beras India dan Manfaatnya | Breaktime
Yuk, Mengenal Jenis Beras India dan Manfaatnya, B’timers!
03.02.2016

Jika berbicara mengenai makanan pokok, Anda pasti langsung membayangkan nasi. Well, di banyak negara, nasi memang menjadi bahan makanan yang paling utama. Di Indonesia saja, Anda mungkin termasuk orang yang percaya selama belum makan nasi, artinya belum makan.

Sama seperti Indonesia yang kaya akan jenis beras, warga India juga memiliki banyak varian beras, dan selain mengenyangkan ada manfaat yang terkandung di dalamnya, lho, B’timers. Berikut jenis beras India dan manfaatnya.

1.White rice

Salah satu manfaat utama beras putih adalah memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nasi putih memang merupakan makanan yang paling mudah dicerna.  Manfaat lainnya adalah mampu mengurangi gangguan pencernaan, seperti diare, disentri, radang usus, bahkan morning sickness.

2.Brown rice

Beras India yang paling baik adalah brown rice. Jenis ini akan membuat Anda sehat dan aktif, meskipun hanya mengandung lebih sedikit kalori. Beras jenis ini merupakan sumber serat yang sangat baik. Sementara itu minyak yang terkandung di dalamnya baik untuk mengurangi kolesterol jahat.

Baca Juga: Roti Tradisional India Yang Wajib Kamu Coba

3.Red rice

Tidak banyak yang menyukai beras merah. Namun jika Anda ingin tetap sehat dan fit, beras merah merupakan pilihan yang tepat. Selain dapat menjaga jumlah zat besi dalam tubuh tetap normal. Beras merah juga mengandung vitamin B6, yang penting untuk pembentukan serotonin dan sel darah merah.

4.Sticky rice

Kandungan tembaga dalam nasi yang teksturnya lembut ini mampu membantu menguatkan jaringan dalam tubuh. Sticky rice juga membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan fungsi otak.

Yuk, Mengenal Jenis Beras India dan Manfaatnya | Breaktime
Bumbu khas membuat masakan India tidak ada tandingannya

5.Parboiled rice

Beras yang biasanya dimasak setengah matang ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. 1 cangkir parboiles rice ini mengandung 2 hingga 3 persen asupan kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium harian yang direkomendasikan.

6.Black rice

Di balik warnanya yang tidak menarik, beras hitam sangat bermanfaat untuk pasien yang menderita Alzheimer dan diabetes. Sifat anti-inflamasi dan antioksidannya lebih tinggi daripada jenis beras India lainnya, lho, B’timers.

7.Basmati rice

1 cangkir beras basmati mengandung sekitar 20 % lebih banyak serat dibanding beras lainnya. Selain itu beras ini memiliki indeks glikemik menengah. Hal ini berarti proses pelepasan energi lebih lambat.

8.Jasmine rice

Salah satu manfaat jenis beras India bagi kesehatan kita adalah jasmine rice. Olahan nasi dari varian beras ini dapat membantu mengurangi nyeri otot pada tubuh Anda, karena kandungan asam amino yang cukup tinggi.

Itu tadi jenis beras India beserta manfaatnya yang bisa Anda coba. Apalagi dengan makin berkembangnya dunia kuliner di Indonesia, kita bisa dengan mudah menemukan masakan khas India, ya, B’timers? (NO)

Share This Article

Tagging: