Cicipi Makanan Khas Maluku Paling Favorit ini! | Breaktime
Yuk, Cicipi Makanan Khas Maluku Paling Favorit ini!
18.07.2016

Tak hanya kaya akan budaya, Maluku juga memiliki daftar makanan yang tergolong unik, lho, B’timers. Dikenal sebagai pulau dengan masakan yang kaya akan rasa lezat dan berbau sedap, cita rasanya cukup favorit para wisatawan yang datang berkunjung. Dan berikut daftar makanan khas Maluku yang wajib Anda cicipi jika berlibur ke pulau ini, B’timers!

Cicipi Makanan Khas Maluku Paling Favorit ini! | Breaktime
Cocok untuk Anda yang suka hidangan laut, nih!

Gatang Kenari

Makanan yang berbahan dasar kepiting darat atau kepiting kenari ini terkenal dengan sebutan ketam kenari. Dan rasanya tidak seperti kepiting lainnya. Kepiting kenari memiliki rasa yang lebih gurih dan nikmat. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencicipi menu yang satu ini.

Gohu

Kalau di Jepang ada Sushi, di Medan ada Dangke Na Niura, maka di Maluku ada Gohu, B’timers. Tak jauh berbeda  dari sushi, gohu diolah dari ikan mentah sebagai bahan utamanya. Biasanya menggunakan ikan tuna yang dipotong kecil, lalu diberi bumbu garam dan perasan lemon.

Cicipi Makanan Khas Maluku Paling Favorit ini! | Breaktime
Beras atau beras ketas dimasak dengan bambu

Nasi Jaha

Jika berlibur ke Maluku, makanan khas Maluku lainnya yang wajib dicicipi adalah nasi jaha. Bentuknya mirip seperti lontong. Nasi jaha terbuat dari beras biasa maupun beras ketan. Yang membedakannya, adalah karena penggunaan santan dan dimasak menggunakan bamboo.

Nasi Lapola

Nah, jangan berharap menemukan kuliner yang satu ini di luar Maluku, B’timers. Karena nasi lapola adalah hidangan khas Maluku. Terbuat dari nasi setengah matang, yang ditambahkan kelapa parut, garam, kacang tolo rebus. Kemudian baru dikukus kembali hingga matang.

Cicipi Makanan Khas Maluku Paling Favorit ini! | Breaktime
Rasanya segar dan asam, bikin ketagihan

Ikan Kuah Pala Banda

Zaman dahulu, makanan ini pernah disajikan sebagai makanan yang khusus dihidangkan untuk petinggi Belanda yang menduduki wilayah Maluku, B’timers. Anda akan mendapatkan sajian yang kaya dengan macam-macam bumbu rempah dalam kuahnya. Segar dan asam rasanya.

Hmm, siap untuk mencicipi makanan khas Maluku di atas, B’timers? (NO)

Baca juga : COKLAT PENYEBAB UTAMA TIMBULNYA JERAWAT, BENARKAH?

Share This Article