Wow, Sudah Tahu Fakta Menarik Mengenai Kentang? | Breaktime
Wow, Sudah Tahu Fakta Menarik Mengenai Kentang?
20.10.2016

Anda memasukkan kentang ke dalam menu sehat di rumah, B’timers? Sekarang ini hampir semua orang menyukai kentang. Kentang memang dapat diolah menjadi begitu banyak makanan. Dan tidak hanya itu kentang juga memiliki rasa yang lezat. Bahkan ada juga yang mengonsumsi kentang dengan roti! Berikut ini fakta menarik mengenai kentang yang wajib Anda ketahui, B’timers!

Wow, Sudah Tahu Fakta Menarik Mengenai Kentang? | Breaktime
Ada banyak varian kentang di dunia, lho, B’timers!

Terdapat kandungan mengejutkan dari kentang

Well, ketika Anda melemparkan sayuran yang satu ini, tampaknya semua benda bisa hancur berantakan, ya, B’timers? Nah, itulah yang menyebabkan kita percaya kentang adalah makanan padat. Padahal yang sebenarnya adalah, kentang mengandung 80 % air dan sisanya baru kandungan padat. Terkejut, kan?

Kentang ternyata lebih daripada sekedar makanan

Selain dikonsumsi, kentang merupakan bahan dari alam yang paling penting, lho, B’timers. Sejak dahulu, Suku Inca menggunakan kentang sebagai obat tradisional. Kentang mentah membantu menyembuhkan patah tulang. Bahkan kentang juga ampuh untuk mengatasi rematik, sakit gigi, jerawat dan luka bakar.

Dulu pernah ada perang kentang pada tahun 1778

Pernah membayangkan bagaimana saat kentang dijadikan sebagai alat untuk berperang, B’timers? The War of Bavarian Succession yang akhirnya menjadi The Potato War atau Kartoffelkrieg. Perang ini terjadi  dengan merampas persediaan kentang dari lawan. Jadi bukan berperang dengan kentang, B’timers.

Wow, Sudah Tahu Fakta Menarik Mengenai Kentang? | Breaktime
Kandungan serat tertinggi bisa ditemukan di kulit kentang

Sekarang sudah tersedia kentang juga di angkasa luar?

Menurut artikel dari NASA pada tahun 2010, kentang ternyata dapat tumbuh dengan sukses di angkasa, lho, B’timers. Menggunakan teknologi NASA dan China untuk menanam kentang dengan kondisi tanah yang otomatis. Ingat dengan tokoh utama dalam film Martian yang menanam kentang di Mars, ya?

Rekor kepopuleran dari kentang yang pernah dicatat

Begitu populernya kentang di dunia, membuat Guinness Book World Record mencatatkan cukup banyak rekor yang dibuat oleh kentang, lho, B’timers. Dan salah satu yang paling menarik adalah, mengenai satu kentang terbesar yang pernah tumbuh, Tahun 1795 di Inggris, tumbuh kentang dengan berat 8 kilo!

Wow, dengan semua fakta yang ada, kita tak akan bisa melihat kentang dengan sama lagi setelah ini, ya, B’timers? (NO)

Share This Article