Wow! Ini 5 Manfaat Konsumsi Makanan yang Dikukus | Breaktime
Wow! Ini 5 Manfaat Konsumsi Makanan yang Dikukus!
08.10.2016

Mengonsumsi makanan yang digoreng memang sangat nikmat, ya, B’timers? Namun ternyata memasak dengan cara dikukus menyimpan banyak manfaat, lho. Mengukus merupakan proses memasak ada sejak ribuan tahun, teknik ini adalah metode paling sehat dari mengolah makanan. Nah, berikut manfaat dari makanan yang dimasak dengan cara dikukus, B’timers!

Wow! Ini 5 Manfaat Konsumsi Makanan yang Dikukus | Breaktime
Tekstur dan warnanya begitu menggiurkan, ya?

Dapat menjaga tekstur makanan yang diolah

Ketika mengukus, Anda tidak perlu khawatir jika makanan, seperti sayuran atau daging menjadi berubah bentuk serta teksturnya. Ada banyak jenis sayur yang jika dimasak, akan kehilangan bentuk aslinya. Dan ini dapat menghilangkan nafsu makan kita. Namun hal tersebut tak terjadi jika kita mengukus makanan.

Membantu mempertahankan kadar nutrisinya

Selama dimasak dengan cara dikukus, bahan makanan ternyata tidak kehilangan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, lho, B’timers. Contohnya, brokoli yang direbus, kadar Vitamin C akan tersisa 30 % saja. Sementara dengan cara dikukus, brokoli tetap menyimpan sebanyak 81 % Vitamin dan nutrisi lainnya.

Rasa, warna serta jus makanan tidak berubah

Ya, salah satu kelebihan makanan yang dimasak dengan cara dikukus adalah, warna, rasa dan jus aslinya tetap terjaga, B’timers. ini memungkinkan Anda menikmati kesegaran makanan yang sempurna. Dengan ditambahkan berbagai rempah dalam air yang digunakan untuk mengukus akan memberi rasa khusus.

Wow! Ini 5 Manfaat Konsumsi Makanan yang Dikukus | Breaktime
Bahkan telur dengan jamur kukus, rasanya tak kalah lezat!

Anda dapat mengolah hampir semua makanan

Bukan hanya sayuran saja yang bisa Anda olah dengan cara dikukus, lho, B’timers. Hampir semua bahan makanan, bisa diomasak dengan teknik mengukus. Ya, bahkan ikan dan daging. Selain menghindarkan kandungan minyak berlebih, mengukus adalah pilihan mudah yang bisa kita lakukan untuk mengolah.

Tidak dibutuhkan minyak untuk mengolahnya

Nah, karena tidak membutuhkan minyak ketika mengolah makanan dengan cara dikukus, maka tidaklah mengherankan jika makanan yang dikukus adalah hidangan yang benar-benar menyehatkan. Well, Anda tetap bisa menambahkan minyak saat mengukus, kok,. Beberapa sendok minyak zaitun atau biji rami.

Begitu banyak kelebihan makanan yang dimasak dengan cara dikukus. Cobalah hidangkan menu makan siang dengan cara sederhana ini, deh, B’timers! (NO)

Share This Article