5 Makanan Pencegah Mabuk Perjalanan Terbaik | Breaktime
Wow, 5 Makanan Ini Bisa Cegah Mabuk Perjalanan!
02.07.2015

Mabuk di perjalanan, baik itu saat naik kendaraan darat, laut, atau udara, tentu akan membuat traveling Anda berantakan. Untuk mengatasi hal ini, obat bukanlah solusi tunggalnya. B’timer bisa lho, mengonsumsi berbagai makanan yang bisa menangkal mabuk perjalanan seperti berikut ini:

Jahe

Minumlah teh jahe satu jam sebelum melakukan perjalanan untuk tangkal mabuk
Minumlah teh jahe satu jam sebelum melakukan perjalanan untuk tangkal mabuk

Jahe sangatlah bermanfaat untuk mengatasi masalah yang terjadi pada sistem pencernaan. Kunyahlah satu ruas jahe segar yang telah dikupas untuk mencegah mabuk di perjalanan serta sakit perut. Masukkan jahe yang telah diiris kecil ke dalam sebuah lunch box kemudian kunyahlah satu atau dua iris ketika Anda mulai merasakan mual.

Phyllis A. Balch dalam bukunya yang berjudul Prescription for Nutritional Healing, menyebutkan bahwa teh jahe juga memiliki efek yang baik untuk mengatasi mabuk perjalanan. Meminum secangkir teh hangat 1 jam sebelum perjalanan akan sangat membantu mengatasi mual.

Lemon

Minum jus lemon untuk usir mual di perjalanan
Minum jus lemon untuk usir mual di perjalanan

Lemon segar ataupun yang dijadikan jus, sangat ampuh untuk mengatasi letih, lemah, lesu, dan pening ketika berada di perjalanan. Untuk mengurangi rasa asam kuat dari lemon, Anda bisa menambahkan satu sendok madu saat mengonsumsinya.

Sebagai tindakan pencegahan, bawalah beberapa potong lemon yang dimasukkan ke dalam lunch box yang bisa sewaktu-waktu bisa dikonsumsi saat tubuh memberikan tanda-tanda akan tidak enak badan. Bisa juga Anda membawa jus lemon dalam botol.

Crackers

Bawalah crackers untuk cegah mabuk di perjalanan
Bawalah crackers untuk cegah mabuk di perjalanan

Selain jahe, Balch juga menyarankan untuk mengonsumsi crackers karena bisa tangkal mabuk saat melakukan perjalananan. Makanlah satu atau dua keeping crackers jika Anda mulai lemas dan lanjutkan mengonsumsinya secara perlahan sampai gejala-gejala akan muntah menghilang.

Balch menambahkan, lebih baik lagi jika crackers terbuat dari gandum karena bisa mengurangi produksi air liur dalam mulut, yang akan berdampak langsung pada berkurangnya rasa letih akibat melakukan perjalanan.

Pisang

Dimakan langsung atau diolah menjadi smoothies, pisang efektif hilangkan mabuk di perjalanan
Dimakan langsung atau diolah menjadi smoothies, pisang efektif hilangkan mabuk di perjalanan

Pisang dapat mengembalikan energi yang terbuang selama melakukan perjalanan. Kandungan protein dan kalium pada pisang secara cepat akan mengembalikan nutrisi tubuh. Anda bisa memakan pisang secara langsung, atau dijadikan sebagai smoothies dengan menambahkan madu.

Buah zaitun

Buah zaitun bisa membasmi mabuk di perjalanan
Buah zaitun bisa membasmi mabuk di perjalanan

Membawa satu pack buah zaitun ketika melakukan traveling bisa menyelamatkan perjalanan Anda. Buah zaitun dapat membantu mencegah mual dengan mengurangi produksi air liur di dalam mulut.

Well, itulah 5 makanan yang bisa Anda konsumsi untuk tangkal mabuk di perjalanan. Have a nice trip, B’timers!

Share This Article