Worst Fruits for Diverticulitis Diet | Breaktime
Worst Fruits for Diverticulitis Diet
28.02.2015

B’timers pernah mendengar istilah diverticulitis diet? Diverticulitis sendiri merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat pecahnya diverticulus yang kemudian terinfeksi oleh bakteri-bakteri yang menyebar di dalam usus besar. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya rasa sakit pada daerah perut serta suhu tubuh yang terlampau panas atau dingin.

Jika seseorang terkena diverticulitis, efeknya akan terasa di usia sekitar 40 hingga 50 tahun. Umumnya, penyakit ini ditandai dengan keadaan di mana perut menjadi lebih besar yang disebut dengan diverticulosis.

Orang yang menderita diverticulitis perlu melakukan diet dan banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Namun sebelum sampai ke tahap itu, ada fase di mana Anda diharuskan untuk menghindari high-fiber fruits. Brektime telah merangkum beberapa jenis buah-buahan yang tidak baik untuk dikonsumsi bagi penderita diverticulitis.

Berries

Worst Fruits for Diverticulitis Diet | Breaktime

Berries merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan serat atau fiber. Untuk membantu menyembuhkan diverticulitis, Anda harus menghindari semua jenis berry. Black berries mengandung 4,4 gram fiber dalam konsumsi 50 gram, sedangkan raw cranberries mengandung 4 gram fiber. Strawberry memiliki kandungan serat paling sedikit jika dibandingkan dengan jenis berry yang lain, yakni 3 gram serat untuk konsumsi 100 gram strawberry.

Fruits with peels

Worst Fruits for Diverticulitis Diet | Breaktime

Semua buah berkulit harus dikupas sebaiknya dihindari saat Anda melakukan diverticulitis diet. Hal ini disebabkan buah-buahan yang harus dikupas saat akan dimakan seperti jeruk dan rambutan banyak mengandung serat yang bisa meningkatkan jumlah “residu” dalam tubuh.

Dried Fruits

Worst Fruits for Diverticulitis Diet | Breaktime

Bukan hanya buah segar saja yang tidak baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang memiliki tanda-tanda penyakit ini, namun dried fruits juga sebaiknya tidak dikonsumsi. Meskipun dried fruits adalah buah-buahan yang mengalami proses pengeringan hingga kandungan air banyak berkurang, tetap saja, dried fruits juga mengandung serat. 
Tak menyangka ya, kalau serat yang biasanya baik bagi tubuh justru tak boleh terlalu banyak diserap oleh penderita diverticulitis? Maka dari itu, cintai tubuh Anda mulai hari ini juga agar nantinya tak ada penyakit yang menghadang!

 

Share This Article