Western vs Eastern Food, Pilih yang Mana? | Breaktime
Western vs Eastern Food, Pilih yang Mana?
26.03.2015

When it comes to eating, some us actually get stuck in the same habit, right? Padahal, di luar sana banyak sekali orang yang gemar untuk hunting makanan baru dan merasakan sensasi berbeda dalam setiap gigitannya. 

Nah, bila sesekali B’timers juga ingin mencicipi cita rasa menu makanan baru, jangan ragu untuk mencicipi trend makanan ala Barat maupun Timur tengah yang sedang populer di tahun 2015 ini. Berikut ini merupakan ragam cita rasa Western vs Eastern Food yang berhasil Breaktime rangkum, spesial untuk Anda:

Peruvian Cuisine

Makanan khas Peru, lebih rendah lemak.
Makanan khas Peru, lebih rendah lemak.

Dari namanya, tentu B’timers bisa menebak kalau bumbu dan bahan makanan ini tak akan jauh-jauh dari bahan-bahan yang tersedia di Peru. Bahan-bahan seperti jagung, kentang, ubi jalar, serta Amarath sangat lazim digunakan pada Peruvian Cuisine. Berbagai campuran sayur di dalamnya make it healthier and less fat than other Western cuisine. 

Cronut

Cronut, dessert fenomenal ciptaan chef Dominique Ansel
Cronut, dessert fenomenal ciptaan chef Dominique Ansel

Dessert yang punya bentuk gabungan antara croissant dan donat  ini sukses menggemparkan kota New York sejak tahun 2013 kemarin dan terus meluas ke berbagai penjuru negara lainnya. Teksturnya yang dibuat berlapis dengan rasa krim vanila yang manis di dalamnya menjadikan cronut sebagai makanan yang digilai.

Hummus

Eastern food yang mulai populer di Barat, hummus.
Eastern food yang mulai populer di Barat, hummus.

Nah, makanan khas Timur Tengah ini juga menjadi food trend yang tak boleh Anda lewatkan. Kelezatan hummus ini terletak pada bubur chickpeas yang dicampur dengan tahini, olive oil, lemon juice, garam, dan bawang putih. Makin banyak bawang putihnya, makin kuat pula cita rasanya.

Laksa

Laksa memiliki berbagai variasi rasa berbeda di beberapa negara Asia.
Laksa memiliki berbagai variasi rasa berbeda di beberapa negara Asia.

Bila Anda gemar mencoba masakan pedas, jangan ragu untuk mencicipi laksa, mi kuah pedas dari Malaysia. Kunci cita rasa masakan ini terletak pada bumbunya yang menggunakan air kelapa, lemongrass, galangal, serta Vietnamese mint yang kemudian dipadu dengan mie-nya yang memiliki ketebalan bervariasi. Yummy!

Nah, itulah ragam makanan ala western dan eastern populer yang patut Anda coba. Pada umumnya, western food memang lebih dekat dengan olahan makanan yang menggunakan susu, mentega, cokelat, vanili, krim, serta keju sebagai bahan utamanya. Selain itu, rasa dan bahan-bahan yang digunakan dalam satu resep juga relatif sama. 

Berbeda halnya dengan eastern food yang memiliki ciri khas bumbu rempah lebih kuat seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kecap, dan bumbu khas lainnya. So, which one do you prefer most?

Share This Article