Waspada, Ini Tanda Anda Kelebihan Protein! | Breaktime
Waspada, Ini Tanda Anda Kelebihan Protein!
17.11.2017

Kita semua tahu bahwa protein memang dibutuhkan untuk tubuh. Protein berfungsi untuk membuat kenyang lebih lama. Itulah mengapa banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan melakukan diet tinggi protein. Menurut Christy Brisette, seorang ahli gizi bahwa protein meningkatkan metabolisme saat memakannya. Tetapi, ketika melakukan diet tinggi protein, seringkali kita tak bisa membatasinya bahkan bisa membuat kelebihan konsumsi protein. Padahal jika kita makan terlalu banyak protein bisa meningkatkan risiko kesehatan dalam jangka waktu lama.

Orang-orang yang melakukan diet protein tinggi dengan memakan daging merah, justru memiliki kadar asam urat yang juga tinggi. Asam urat yang tinggi di dalam darah bisa menimbulkan risiko encok bahkan juga radang sendi. Tak hanya itu saja, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kelebihan konsumsi protein bisa menyebabkan kanker usus besar, ginjal, dan juga osteoporosis.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya kita membutuhkan 0,8 gram protein per kilogram berat badan Anda per harinya. Jika B’timers termasuk orang-orang yang aktif, maka setidaknya butuh 1,2 sampai 1,8 gram protein. Jadi sekitar 118 gram protein untuk orang dengan berat badan sebesar 59 kg. Lalu, apa yang terjadi jika Anda mengalami kelebihan protein setiap harinya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Menyimpan Makanan yang Baik dan Menyehatkan

Saat Anda kelebihan protein, ginjal akan bekerja dua kali lebih keras untuk membersihkannya dan mengeluarkan melalui urin. Hal inilah yang membuat Anda merasa cepat haus, karena kencing lebih sering. Terlalu sering buang air ternyata juga ikut membuang sodium, kalium, dan magnesium lebih banyak. Jadi, imbangi diet protein Anda dengan rajin mengonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Tetapi jika Anda mengurangi konsumsi buah, sayur, dan kacang-kacangan, maka yang terjadi adalah masalah pencernaan. Karena semua bahan tersebut adalah sumber serat yang sangat baik. Diet tinggi protein dan rendah karbohidrat akan membunuh bakteri usus yang sehat, karena Anda tidak mendapatkan prebiotik yang cukup. Jadi jika yang Anda konsumsi tidak seimbang dan lebih banyak protein, maka diare bisa menyerang. Solusinya adalah konsumsi makanan yang mengandung prebiotik seperti asparagus, apel, pisang, gandum, bawang merah, dan bawang putih.

Waspada, Ini Tanda Anda Kelebihan Protein! | Breaktime
Imbangi juga dengan buah dan sayur
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sarapan Lebih Sehat, Minum Orange Juice atau Susu?

Diet protein tinggi juga memotong semua karbohidrat. Hal ini pun mempengaruhi mood Anda dalam jangka panjang. Jika Anda tidak segera memperbaiki keseimbangan gizi ini maka, mikrobiota pada usus akan berpengaruh pada kesehatan mental, depresi, dan kecemasan. Untuk mengatasinya, konsumsi buah rendah gula, seperti apel, persik, pir, dan beri. Ini akan membuat Anda lebih baik.

Dampak potensial lainnya adalah justru menambah berat badan. Ketika Anda memutuskan untuk diet protein, tubuh Anda menahan kelebihan berat badan. Kesalahannya adalah karena Anda terlalu fokus dengan protein, sehingga berat badan naik karena kelebihan kalori. Anda mungkin meningkatkan porsi ayam atau ikan dan menambahkan suplemen protein ke semua makanan tersebut atau makanan ringan. Sehingga Anda mendapatkan lebih banyak kalori daripada energi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Aturan Asupan Karbohidrat ala Penderita Diabetes

Untuk kaum hawa, efek jika kelebihan protein adalah siklus menstruasi yang berubah. Ini karena metabolisme tubuh yang berubah juga akan berdampak pada kadar hormon dan kesuburan. Itulah yang membuat siklus jadi berubah.

Jadi, sebelum melakukan diet tinggi protein, Anda harus pergi ke dokter untuk berkonsultasi. Hati-hati juga terhadap sumber yang menyarankan Anda untuk diet protein. Intinya lebih baik berkonsultasi dengan dokter dan beri perlindungan pada diri Anda dengan klik di sini .



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE