Wajib Tahu: Beda Mentega, Butter dan Margarin | Breaktime
Wajib Tahu: Beda Mentega, Butter dan Margarin
27.07.2016

Hayoo, Anda tahu tidak, sih, beda mentega, butter dan margarin, B’timers? Digunakan untuk kue atau memasak, sebenarnya ada perbedaan dari ketiganya yang wajib Anda ketahui, lho. Ini karena kesalahan dalam penggunaan ketiganya bisa menjadikan masakan Anda berantakan. Nah, berikut cara terbaik jika ingin membedakan mentega, butter dan margarin, B’timers!

Mentega

Berbahan dasar lemak hewan, mentega memiliki tekstur yang sangat lembut. Anda bisa mengendusnya, dan akan tercium wangi susu. Mentega juga lebih mudah meleleh di suhu hangat, lho. Warnanya sedikit lebih muda jika dibandingkan dengan margarin. Sedang kandungan nutrisi dari mentega adalah Vitamin A, Vitamin D, protein dan karbohidrat. Ada juga yang diperkaya dengan Vitamin A dan E, B’timers.

Wajib Tahu: Beda Mentega, Butter dan Margarin | Breaktime
Hayoo, mana mentega, butter dan margarin, nih?

Butter

Dan satu yang menjadi beda mentega, butter dan margarin adalah bahan pembuatannya, B’timers. Ya, tidak seperti mentega yang terbuat dari lemak hewan, butter berasal dari bahan dasar cream atau susu. Sedangkan untuk salted butter, kandungan di dalam selain cream ditambahkan garam, B’timers. Karena berbahan cream, tidak mengherankan, jika disimpan dalam suhu ruang, butter akan cepat lumer.

Margarin

Lawanya mentega adalah margarin. Ini karena margarin terbuat dari minyak atau lemak dati tumbuhan, B’timers. Berbeda dengan mentega dan butter, tekstur margarin lebih padat dan kaku. Jadi margarin tak mudah meleleh jika Anda simpan di suhu hangat. Warna margarin lebih kuning dibandingkan mentega. Karena terbuat dari lemak tumbuhan, banyak yang menganggap margarin lebih sehat dibanding lainnya.

Hmm, terlepas dari beda mentega, butter dan margarin, yang paling penting adalah mengetahui jumlah yang dianjurkan saat Anda mengonsumsinya, B’timers. Namun yang pasti ketiganya memiliki manfaat baik untuk tubuh Anda. (NO)

Baca juga : TIPS CERDAS UNTUK HILANGKAN BAU AMIS PADA SEAFOOD

Share This Article