Wah, Kuliner Khas Kota Pahlawan Ini Wajib Cicip! | Breaktime
Wah, Kuliner Khas Kota Pahlawan Ini Wajib Cicip!
09.11.2016

Berlibur ke Kota Pahlawan, artinya Anda harus berwisata kuliner, B’timers! Nah, apabila Malang terkenal dengan Baksonya, Semarang dengan Lumpia, Jogja dengan Gudeg, Betawi dengan Kerak Telor, Surabaya pun tak kalah, lho. Bahkan liburan Anda akan terasa hampa jika tidak mencicipi beberapa kuliner khas di kota ini. Dan berikut daftar kuliner khas Kota Pahlawan yang wajib Anda coba, B’timers!

Sate Klopo

Jika menduga sate ini terbuat dari parutan daging buah kelapa, Anda salah besar, lho. Ya, karena meski namanya adalah Sate Klopo alias Sate Kelapa, namun bahan pembuatannya adalah daging. Bedanya ada tambahan jeroan dan lemak sapi. Dan yang utama adalah lumuran kelapa parut sebelum dibakar.

Wah, Kuliner Khas Kota Pahlawan Ini Wajib Cicip! | Breaktime
Buah, sayuran dan cingur dengan bumbu kacang petis

Rujak Cingur

Sudah terkenal tidak hanya di wilayah Jawa Timur saja, Rujak Cingur ternyata menjadi menu yang paling dicari ketika wisatawan datang ke Surabaya, lho, B’timers. Yang membuatnya unik adalah isiannya yang terdiri dari berbagai macam sayuran, buah dan lontong. Disiram dengan bumbu petis kacang. Mantap!

Tahu Tektek

Cara jualan yang unik, menjadi daya tarik kuliner yang satu ini, B’timers. Ya, karena tahu goreng, lontong dan kentang digunting dengan teknik yang cepat. Bunyinya persis “tek tek tek”. Sebelum bumbu petis di atasnya, ditambahkan dulu kecambah dan taburan daun seledri. Kerupuk menjadi penyempurnanya.

Wah, Kuliner Khas Kota Pahlawan Ini Wajib Cicip! | Breaktime
Tak perlu balapan makan, nikmati saja Lontong Balap

Lontong Balap

Nah, satu lagi kuliner wajib yang harus Anda cicip jika datang ke Surabaya adalah Lontong Balap. Seperti kuliner Surabaya lainnya, Lontong Balap menjadi ikon dari kuliner khas Kota Pahlawan. Satu porsi terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, lentho dengan taoge yang disiram kuah. Rasanya? Sempurna!

Pecel Semanggi

Sayangnya kuliner yang satu ini bisa dikatakan sudah hampir punah, B’timers. Tidak seperti pecel yang biasa dijumpai di daerah lain, Pecel Semanggi terbuat dari daun semanggi. Dihidangkan bersama dengan taoge yang sudah direbus sebelumnya. Bumbu pecel yang kental dan kerupuk beras adalah ciri khasnya.

Nah, jangan lupa lagi untuk mencicipi menu kuliner Kota Pahlawan yang melegenda di atas, ya, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE