Uniknya 8 Keju Paling Populer di Dunia | Breaktime
Uniknya 8 Keju Paling Populer di Dunia
27.11.2015

Keju merupakan salah satu makanan pendamping paling favorit saat ini. Produsen makanan, biasanya akan menggunakan keju sebagai topping maupun isian untuk produk mereka. Cita rasa dan tekstur keju yang khas, memang pas untuk menjadi pendamping berbagai makanan.

Di dunia, terdapat lebih dari 400 jenis keju yang berbeda, termasuk parmesan dan mozzarella asal Italia yang cukup populer. Tapi, masih ada beberapa jenis keju populer lain lho. Apa saja?

Parmigiano Reggiano

Keju yang telah diciptakan sejak abad ke-13 ini berasal dari Italia. Keju Parmigiano Reggiano ini memiliki warna kuning keemasan yang khas. Umumnya, parmigiano reggiano dinikmati dalam bentuk potongan-potongan kecil ataupun di parut sebagai topping pasta.

Grana Padano

Grana Padano merupakan keju yang menjadi asal muasal dari parmigiano reggiano. Keju Grana Padano ini telah ditemukan sejak berabad-abad silam dan merupakan keju parut dengan kualitas terbaik. Grana sendiri memiliki arti butiran padi.

Baca juga: LEZATNYA BOLA DAGING SAUS TOMAT BERTABUR KEJU PARMESAN

Uniknya 8 Keju Paling Populer di Dunia | Breaktime
Mozzarella lumer dalam Italian Fried Mozzarella

Mozzarella

Bisa dibilang, mozzarella adalah salah satu keju yang paling populer saat ini. Keju yang terbuat dari susu kerbau ini merupakan bagian dari keluarga keju Provatura dan Provula. Hingga kini, pembuatan keju mozzarella masih menggunakan perjanjian moza dari abad keempat yang menentukan jenis rumput yang digunakan sebagai makanan kerbau.

Peraturan tersebut ditujukan agar kualitas, baik warna maupun rasa keju tetap terjamin. Anda pasti tak asing dengan keju yang kerap dijadikan topping pizza ini.

Cazu Marzu

Keju yang juga berasal dari Italia ini terbuat dari fermentasi susu domba. Proses fermentasi biasanya dibiarkan dalam waktu lama hingga keju membusuk. Bahkan, larva lalat keju sengaja dibiarkan hingga bertelur. Untuk mengonsumsinya pun dipastikan ketika larva masih hidup, karena jika larva telah mati, keju ini bisa berbahaya bagi tubuh. Masyarakat kota Sardinia, asal Cazu Marzu, meyakini bahwa keju busuk ini dapat meningkatkan libido.

Parmesan

Masih dari Italia, kita juga mengenal keju Parmesan. Nama Parmesan sendiri berasal dari nama kota asalnya, yakni Parma. Untuk membuat keju parmesan, proses fermentasi dilakukan cukup lama agar aromanya kuat. Di pasaran, keju parmesan banyak dijual dalam bentuk padat maupun parut. Sedangkan tekstur asli keju parmesan, padat dan agak keras.

Gouda

Keju Gouda merupakan salah satu keju asal Belanda yang diberi nama sesuai kota asalnya. Hingga kini, keju Gouda telah berumur lebih dari 3 abad. Keju dengan bentuk bulat dan rasa yang khas ini biasanya di panen pada pertengahan bulan Juni hingga Agustus.

Uniknya 8 Keju Paling Populer di Dunia | Breaktime
Cheddar dan roti, menu sarapan yang nikmat

Edam

Bisa dibilang, Edam merupakan saudara Gouda. Kedua keju ini sama-sama berasal dari Belanda dan berbentuk bulat. Bedanya, keju edam berasal dari provinsi Noord-Holland yang pernah menjadi pusat peng-ekspor keju terbesar di dunia.

Cheddar

Cheddar merupakan salah satu jenis keju yang banyak digemari di Indonesia. Umumnya, disajikan sebagai pendamping roti tawar yang dipanggang. Tak sedikit pula yang menggunakannya sebagai topping donat atau kue. Seperti namanya, keju Cheddar berasal dari desa Cheddar, Somerset, Inggris.

Dari kedelapan keju populer tersebut, mana yang menjadi favorit B’timers? (dfr)

Share This Article