Unik, 10 Makanan Indonesia Punya Kepanjangan! | Breaktime
Unik, 10 Makanan Indonesia Punya Kepanjangan!
28.07.2017

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang begitu terkenal dengan keanekaragaman kuliner. Setiap daerah di Indonesia bahkan punya kuliner khas. Namanya juga kuliner khas, setiap hal yang berhubungan dengan makanannya juga pasti khas. Mulai dari bumbu, bahan, hingga nama makanan.

Berbicara tentang nama sebuah makanan, setiap negara jelas memiliki nama makanan yang unik, termasuk Indonesia. Tapi, tahukah foodies bahwa banyak nama makanan Indonesia yang bukan sekedar nama. Sebenarnya, kita memiliki masyarakat yang sangat kreatif. Terbukti dengan nama-nama makanan berikut ini yang ternyata ada kepanjangannya, lho. Penasaran, kan makanan-makanan apa saja? Yuk, simak ulasannya bersama!

Unik, 10 Makanan Indonesia Punya Kepanjangan! | Breaktime
Es Dorong Gerobak
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Kue Pie Ayam Jamur Unik dari Homemade Puff

Siapa sih yang nggak tahu es doger? Jajanan yang paling pas dinikmati saat siang hari ini berisi susu, parutan kelapa, tape, ketan hitam, buah alpukat, dan banyak isian lainnya. Tapi nggak hanya mampu melepas dahaga, es doger rupanya juga punya kepanjangan nama yaitu Es Dorong Gerobak. Kalau dipikir-pikir lagi, street food yang satu ini memang dijual di gerobak yang didorong oleh abang-abang.

Es doger bukan satu-satunya makanan yang punya kepanjangan. Cuanki atau makanan sejenis bakso yang dijual pedagang keliling punya kepanjangan nama yang lebih unik dan menggelikan. Coba tebak, deh! Yup, nama cuanki ternyata diambil dari kalimat Cari Uang Jalan Kaki. Kreatif, kan?

Selanjutnya adalah jajanan khas Jawa Barat yang juga cukup populer. Apalagi kalau bukan comro dan comet. Ini adalah makanan yang mirip dengan comro atau Oncom di Jero, hanya saja ukurannya lebih kecil. Comet sendiri merupakan singkatan dari Comro Saemet atau comro dalam ukuran kecil.

Unik, 10 Makanan Indonesia Punya Kepanjangan! | Breaktime
Cari Uang Jalan Kaki
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ide Terbaik Resep Masakan Sehat yang Disuka Anak

Selain comet, Sunda juga punya jajanan lainnya yaitu misro. Nah, ternyata misro adalah singkatan dari Amis Di Jero atau kalau diartikan jadi manis di dalam. Rasa manisnya pun tercipta dari gula aren. Nikmat banget kalau dimakan bersama seduhan teh atau kopi.

Beda lagi dengan makanan khas Betawi, apalagi kalau bukan ketoprak. Meski asal usulnya nggak diketahui, nama ketropak ternyata berasal dari Ketupat, Toge Digeprak.

Nah, kalau colenak pasti juga sudah nggak asing di telinga dan lidah B’timers, kan? Lagi-lagi kudapan khas Sunda yang terbuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar dan disantap dengan cocolan gula jawa yang dicairkan dan dicampur dengan parutan kelapa. Itulah mengapa dinamakan colenak. Yup, Dicocol Makin Enak.

Unik, 10 Makanan Indonesia Punya Kepanjangan! | Breaktime
Ketupat, toge digeprak (myfunfoodiary.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Seduh Kopi & Makan Cangkirnya Cuma Di Cafe Ini!

Cimol dan cilok juga termasuk street food yang bisa Anda temui dengan mudah di hampir berbagai daerah, khususnya Jawa. Keduanya merupakan panganan yang berbahan dasar kanji. Bentuknya bulat. Hanya saja kalau cimol digoreng, sedangkan cilok direbus. Cimol atau Aci Digemol biasa disantap dengan tambahan bubuk cabe, sedangkan cilok atau Aci Dicolok biasa disantap dengan aneka saus.

Jajanan pinggir jalan yang terakhir adalah batagor. Makanan ini juga akrab banget dengan para pecinta kuliner jalanan. Makanan yang berbahan dasar bakso dan tahu goreng ini jadi alasan mengapa dinamakan batagor. Disantap dengan gurihnya saus kacang, manisnya kecap, dan pedasnya sambal buat siapapun jatuh hati.

Well, sekarang foodies jadi tahu kalau makanan Indonesia punya nama yang beralasan. Bagaimana menurut kalian? Unik dan kreatif, kan? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE