Unforgettable Traditional Foods Bahari Lamongan | Breaktime
Unforgettable Traditional Foods ala Wisata Bahari Lamongan
24.05.2015

Jalan-Jalan ke sejumlah tempat wisata di Jawa Timur  memang tidak ada matinya. Bila selama ini Bromo kerap menjadi primadona dengan suguhan alam pegunungan asrinya, di kabupaten yang utaranya berbatasan dengan Laut Jawa ini Anda bisa menikmati indahnya suasana Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan kulinernya yang khas dan menggetarkan lidah. 

Nah, kuliner yummy seperti apa saja yang tak boleh Anda lewatkan saat bertandang ke Wisata Bahari Lamongan? Let’s check this out B’timers!

Soto Lamongan

Soto khas Lamongan dengan taburan koya udang
Soto khas Lamongan dengan taburan koya udang

Kalau ditanya soal rajanya soto, Soto Lamonganlah jawaranya! Soto yang dikenal dengan kuah kuning bening berbumbu bawang putih, merica, ketumbar, kemiri, dan kunyit ini akan benar-benar menggugah selera makan B’timers.

Soto yang menggunakan suwiran daging ayam ini menjadi begitu khas lantaran dipadu dengan serbuk koya gurih yang dibuat dari udang kering hasil tangkapan laut perairan Lamongan. Makanan tradisional ini menjadi begitu nikmat dengan adanya perasan jeruk nipis dan taburan bawang goreng, lengkap dengan kriuknya kerupuk udang yang bisa disantap sambil menikmati semilir angin laut Lamongan.

Tahu Campur

Lezatnya tahu campur Lamongan dengan petis udang
Lezatnya tahu campur Lamongan dengan petis udang

Makanan ke dua yang paling banyak diburu di kabupaten dan kota Lamongan adalah tahu campur. Kudapan  satu ini memang didominasi oleh tahu yang kemudian dicampur dengan potongan lontong, selada air, tauge, daging, dan kerupuk udang dalam siraman kuah kaldu panas dan petis udang yang bikin rasanya makin gurih.

Wingko Babat

Jajanan tradisional Lamongan dari kelapa dan gula merah
Jajanan tradisional Lamongan dari kelapa dan gula merah

Bila Anda ingin membawa oleh-oleh makanan lezat yang tahan lama, wingko babat bisa jadi pilihan. Makanan yang terbuat dari bahan utama kelapa dan gula merah ini akan menghasilkan cita rasa yang manis dan gurih saat di lidah. Anda bisa menemukan jajanan tradisional ini dalam keadaan fresh dengan bertandang ke Desa Babat, Lamongan.

Those foods are so simple, yet they are totally yummy and hard to forget! Selain itu, bagi Anda yang hobi memancing, jangan lupa pula untuk mendatangi tempat pelelangan Ikan Brondong yang berjarak 6 km dari lokasi wisata Tanjung Kodok dan WBL. Anda pun bisa menyantap hasil tangkapan dengan berbagai cara pengolahan yang pastinya bikin B’timers makin cinta kuliner Lamongan.

Share This Article