Trik Sehat & Praktis Menyimpan Makanan di Kulkas | Breaktime
Trik Sehat & Praktis Menyimpan Makanan di Kulkas
07.11.2017

Tahukah Anda bahwa teknologi kulkas merupakan sebuah penemuan penting yang telah mengubah pola hidup manusia hingga kinerja industri pangan? Tanpa adanya kulkas, B’timers akan kembali ke masa lampau ketika makanan cenderung tidak awet dan harus segera dikonsumsi agar tidak terbuang percuma. Setelah kulkas ditemukan dan teknologinya kian dikembangkan, menyimpan makanan di kulkas dapat dilakukan agar makanan menjadi jauh lebih awet. Tak hanya bahan pangan seperti aneka sayur, buah, hingga daging dan ikan, lemari es juga bisa digunakan untuk menyimpan makanan matang yang tersisa.

Selain makanan sisa, banyak generasi milenial yang menyiapkan menu sehat selama jangka waktu tentu lalu menyimpannya di dalam kulkas agar lebih awet dan dapat dengan mudah dinikmati setiap harinya. Sayangnya, tak banyak orang yang menyimpan makanan di kulkas sesuati tatanan yang tak hanya tepat tapi juga sehat. Aturan tak tertulis tersebut tak hanya menjadikan makanan lebih awet tapi juga menjaga makanan tetap higienis sehingga bahan pangan yang Anda konsumsi senantiasa menyehatkan. Selain pola penataan makanan dalam kulkas, wadah tertentu maupun durasi waktu penyimpanan juga perlu diperhatikan dengan cermat.

Tak hanya cepat busuk, cara yang salah dalam menyimpan makanan di kulkas rupanya juga dapat menimbulkan food poisoning lho! Umumnya, selain bagian pintu dan freezer, kulkas terdiri dari 3 rak di bagian tengah. Gunakan rak teratas untuk menyimpan makanan matang atau yang telah dimasak. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi makanan matang kejatuhan kotoran, rontokan bahan pangan lainnya seperti sayur dan buah, hingga tetesan dari daging atau tahu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Praktis Mengupas dan Mengiris Bawang Merah

Tentu saja makanan matang jauh lebih baik untuk disimpan dalam wadah tertutup untuk menjaga rasa dan aroma masakan sekaligus memastikan agar tetap higienis. Anda tak perlu menunggu masakan yang baru matang hingga agak mendingin karena kulkas modern saat ini mampu mengendalikan suhu dengan baik. Makanan sisa yang berada di dalam kaleng seperti sarden atau kornet sebaiknya dipindahkan ke wadah lain karena bekas makanan dan unsur logam yang terpapar udara akan bereaksi meninggalkan rasa logam pada makanan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rahasia Belanja Makanan Italia di Amerika

Setelah mengisi rak teratas dengan masakan matang, kini saatnya memasukkan sayur dan buah di rak tengah atau urutan kedua. Usahakan agar sayur dan buah yang akan disimpan dalam keadaan kering dan jangan dicuci terlebih dahulu agar tidak mudah busuk. Demikian juga dengan wadah plastik dari supermarket yang tidak perlu dibuka untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang hingga menjaga kebersihan kulkas. Hindari menyimpan sayur yang telah dipotong-potong karena cenderung menjadi tidak awet. Bedakan plastik penyimpan sayur dan buah karena setiap jenisnya bisa mengeluarkan gas yang dapat merusak kualitas satu sama lain. Membungkus sayur dan buah dengan plastik secara terpisah sangatlah penting untuk menjaga kelembaban serta melancarkan sirkulasi udara di permukaannya. 

Trik Sehat & Praktis Menyimpan Makanan di Kulkas | Breaktime
Manfaatkan tiap rak di kulkas untuk menyimpan aneka bahan pangan berbeda secara terpisah

Selanjutnya, B’timers dapat memanfaatkan rak terbawah untuk menyimpan daging dan ikan. Simpan masing-masing jenis bahan pangan hewani tersebut dalam wadah plastik berbeda untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang sekaligus menjaga agar bau amis dan bakteri tidak menerobos keluar dan memenuhi kulkas. Agar lebih awet hingga hitungan mingguan atau bulanan, Anda bisa menyimpan daging dan ikan di freezer. Sebelum dimasak, keluarkan bahan pangan hewani dari freezer lalu simpan di rak terbawah agar teksturnya tak lagi membeku. Daging dan ikan yang telah defrosted sebaiknya segera diolah dan tidak dibekukan kembali karena bakteri yang ada dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi salmonella pada manusia.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Aneka Kuliner Pontianak Terlalu Menggoda Iman

Pada bagian pintu kulkas, Anda bisa memanfaatnya untuk menyimpan bahan pangan lainnya yang tidak tergolong jenis-jenis di atas. Bagian teratas pada pintu kulkas biasanya memiliki wadah khusus untuk menyimpan telur, yang akan jauh lebih awet hingga mencapai sebulan apabila telah dicuci terlebih dahulu. Simpanlah keju utuh maupun yang telah digunakan dalam wadah plastik atau alumunium foil agar dapat bertahan hingga jangka waktu bulanan. Produk olahan susu yang disimpan dalam botol plastik akan jauh lebih awet daripada yang disimpan dalam kemasan karton. Pintu kulkas juga dapat menjadi tempat ideal untuk menyimpan gula merah, botol sirup obat batuk, maupun aneka bumbu dapur yang berisiko dikerumuni semut apabila disimpan di luar lemari es.

Selain menaati berbagai aturan dalam menyimpan makanan di kulkas seperti di atas, B’timers sebaiknya tidak mengisi kulkas terlalu penuh agar udara dingin dalam dapat mengalir lancar dan menjaga makanan berada dalam suhu yang aman. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE