Trik Sederhana Menggoreng dengan Sedikit Minyak! | Breaktime
Trik Sederhana Menggoreng dengan Sedikit Minyak!
31.08.2016

Berapa banyak minyak yang biasa Anda gunakan untuk menggoreng, B’timers? Well, banyak orang yang cukup terkejut saat mengetahui betama mudahnya memasak makanan dengan sedikit minyak, bahkan tanpa minyak sekalipun. Ya, selain lebih sehat, tidak sesulit itu untuk meralih memasak dengan minyak yang lebih sedikit. Hmm, alasannya kenapa tidak boleh menggunakan terlalu banyak minyak, ya?

Mengapa harus masak dengan sedikit minyak?

Ada begitu banyak jenis minyak yang keluar di layar televisi Anda dalam sehari. Tapi sebenarnya tak ada satupun minyak yang benar-benar sehat, B’timers. Bahkan meskipun itu minyak kelapa, minyak biji rami ataupun minyak zaitun. Minyak sepenuhnya adalah lemak, tanpa ada tambahan nutrisi lain yang sehat. Dan berikut tips untuk menggoreng dengan minyak secukupnya, B’timers!

Ikuti takaran yang ada di resep

Jangan ragu memasak dengan resep sehat dengan panduan nutrisi. Tapi syaratnya adalah, ikuti takaran yang ada, B’timers. Mungkin Anda merasa minyak yang digunakan terlalu sedikit. Padahal jika ditambah, belum tentu rasa masakan tersebut semakin enak, lho. Jangan menuangkan terlalu banyak minyak.

Trik Sederhana Menggoreng dengan Sedikit Minyak! | Breaktime
Wajan anti lengket tidak butuh banyak minyak

Pilih panci atau wajan anti lengket

Ini sangat mudah, kok, B’timers. Memasak dengan sedikit ataupun tanpa minyak tak akan mengacaukan dapur dan rasa masakan Anda. Cukup gunakan panci atau wajan antilengket. Jika Anda juga tidak ingin menggunakan teflon, pilihlah alat masak berkualitas dari stainless steel atau wajan titanium keramik.

Kukus bahan yang akan digoreng

Nah, untuk beberapa jenis sayuran memiliki tekstur yang cukup keras. Jadi untuk mengakalinya sebelum digoreng adalah dengan cara mengukusnya terlebih dahulu, B’timers. Misalnya brokoli serta wortel yang ingin digoreng dengan sedikit minyak. Kukus sebentar saja, hingga setengah matang, baru Anda goreng.

Trik Sederhana Menggoreng dengan Sedikit Minyak! | Breaktime
Terlalu banyak minyak, akan bikin rasa masakan aneh

Tambah sedikit air saat menggoreng

Ada beberapa jenis sayuran yang ketika digoreng akan menyerap cukup banyak minyak. Seperti terong. Nah, daripada harus memanbahkan minyak terus menerus setiap kali menggoreng terong, tambahkan saja sedikit air dan minyak. Lalu untuk memberikan rasa gurih pada terong, berikan bumbu secukupnya.

Dengan sedikit minyak? Masakan pun terasa lebih lezat dan sehat, kan, B’timers? (NO)

Share This Article