Trik Rahasia Menyiasati Masakan yang Keasinan | Breaktime
Trik Rahasia Menyiasati Homemade Food yang Terlalu Asin
22.07.2015

Memasak sendiri di rumah tak hanya lebih sehat dan hemat, namun juga lebih “mudah”. B’timers pasti pernah merasakan pengalaman makan di warung atau restoran yang masakannya keasinan. Well, it doesn’t happen that much, though. But still, kalau memasak sendiri di rumah, saat masakan dirasa terlalu asin, kita bisa lebih leluasa untuk menyiasatinya. Seperti apa? Ini dia caranya!

Pada masakan oseng atau tumis

Tumis kacang panjang tetap enak dinikmati
Tumis kacang panjang tetap enak dinikmati

Masakan rumah yang satu ini terbilang paling praktis dan mudah membuatnya. Cocok untuk disantap kapan saja, baik untuk sarapan,makan siang, maupun makan malam. Saat memasak tumis terasa terlalu asin, Anda bisa tambahkan komposisi seluruh bumbu selain garam untuk mengimbangi rasanya. Namun, tetap perhatikan takarannya dengan teliti, ya.

Pada masakan berkuah

Sup ayam hangat jadi terasa makin sedap
Sup ayam hangat jadi terasa makin sedap

Kalau masakannya berkuah, cara mengatasinya bahkan lebih sederhana lagi. Anda tinggal menambahkan air atau sayur dan daging untuk mengurangi rasa asinnya. Dengan begitu, sup yang tadinya terlalu asin akan jadi pas rasanya dan sedap saat disantap.

Pada masakan bakar atau panggang

Grilled meat bakal terasa lezat saat dilahap
Grilled meat bakal terasa lezat saat dilahap

Pada masakan yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang, mungkin kadang Anda bingung bagaimana “memperbaikinya” saat bumbu yang sudah terlanjur meresap ternyata terlalu asin. Caranya adalah dengan menambahkan perasan asam seperti air lemon pada masakan. Asam bisa mengubah pH masakan yang kemudian menetralisir rasa asin.

Nah, tak perlu galau lagi kan, saat bumbu masakan ternyata terlalu asin? Jangan khawatir dan terburu panik, masakan yang Anda buat tetap bisa dinikmati, kok. B’timers bisa menyiasatinya dengan trik tadi dan menyulap masakan rumahan jadi spesial. Good luck!

Share This Article