Trik Menggoreng Telur Setengah Matang Sempurna | Breaktime
Trik Menggoreng Telur Setengah Matang Sempurna
17.10.2016

A fried egg is a beautiful thing that you can serve on a table. Benar, bukan, B’timers? Menu sarapan bisa disajikan kurang dari 5 menit dan menawarkan banyak manfaat kesehatan. Tapi jika kita tak tahu triknya untuk menggoreng telur setengah matang dengan sempurna, rasanya justru akan eeewh! Nah, untuk itu berikut trik menggoreng telur setengah matang dengan sempurna yang perlu Anda ketahui, B’timers!

Trik Menggoreng Telur Setengah Matang Sempurna | Breaktime
Semua jenis wajan bisa digunakan, kok, B’timers

Pilih wajan atau penggorengan yang tepat

Tidak, tidak. Tidak perlu membeli wajan khusus hanya untuk menggoreng telur, kok. Sebenarnya semua jenis wajan bisa digunakan. Namun yang terbaik adalah wajan anti lengket dan wajan besi, B’timers. Jika Anda menggunakan wajan stainless steel atau wajan berlapis enamel, jangan lupa tambahkan mentega.

Ambil wajan dengan ukuran yang sesuai

Well, sebenarnya sama saja seperti bahan wajan apapun yang bisa digunakan untuk menggoreng telur, B’timers. Ukuran wajan tidak berpengaruh besar dalam menggoreng telur. Namun trik yang bisa Anda perhatikan adalah, gunakan wajan yang ukurannya sesuai dengan jumlah telur yang akan digoreng.

Gunakan panas api kompor yang sempurna

Sebuah api kompor dengan panas yang sedang serta stabil adalah salah satu teknik untuk menggoreng telur dengan hasil sempurna, B’timers. Jika menggunakan api besar hingga panas, justru akan membuat bagian bawah telur gosong. Sementara api kecil akan membuat telur mata sapi terlalu lama matang.

Trik Menggoreng Telur Setengah Matang Sempurna | Breaktime
Jangan lupa beri bumbu telur mata sapinya, ya?

Cara paling baik untuk menggoreng telur

Satu-satunya bagian yang tersulit untuk menggoreng telur adalah menentukan waktu yang tepat bagi telur untuk matang sempurna. Bagian kuning telur yang berair paling disukai. Untuk mendapatkannya, tutuplah wajan selama beberapa waktu. Dengan begini, Anda juga akan mudah membalik telurnya.

Berapa lama sebaiknya menggoreng telur?

Nah, untuk masalah berapa lama Anda menggoreng telur, sebenarnya ini adalah hal yang optional. Putih telur mudah matang dalam beberapa menit, terutama jika Anda menutup wajan selama 2 menit. Untuk bagian kuning telur yang membutuhkan waktu lama untuk matang, setidaknya biarkan selama 3 menit.

Dan untuk memberi bumbu pada telur mata sapi yang tepat adalah setelah menggorengnya selama 1 atau 2 menit. Dan telur setengah matang sempurna pun siap dinikmati, B’timers! (NO)

Share This Article