Trik Khusus Menyimpan Makanan Tanpa Kulkas | Breaktime
Trik Khusus Menyimpan Makanan Tanpa Kulkas
10.11.2017

Berbagai penemuan teknologi tentu saja telah banyak membantu segala aspek kehidupan manusia. Termasuk juga dengan ditemukannya lemari es yang mampu membuat berbagai makanan olahan hingga bahan mentah menjadi lebih awet dan tahan lama. Kebanyakan orang cenderung menyimpan hampir setiap jenis makanan di kulkas agar tidak mengalami risiko busuk atau dikerumuni semut. Akibatnya, kulkas cenderung mudah penuh karena hampir segala bahan mentah hingga masakan matang dimasukkan dan berjejalan di setiap sudut ruang dalam lemari es.

Namun tahukah Anda bahwa menyimpan makanan tanpa kulkas tak hanya dapat menghemat tempat di kulkas tapi juga berguna untuk memastikan daya tahan jenis makanan tertentu. Berbeda dengan pandangan umum selama ini, telur rupanya dapat disimpan dengan aman dan tetap awet di luar lemari es. Sebagian besar produk kulkas yang beredar di pasaran seringkali dilengkapi dengan egg tray atau wadah khusus untuk menyimpan telur. Menyimpan telur di kulkas sejatinya berguna untuk mencegah pertumbuhan salmonella. Apabila B’timers telah memastikan bahwa telur yang Anda beli berasal dari ayam yang telah divaksin atau dijamin bebas salmonella, Anda bisa dengan bebas menyimpan telur di luar kulkas.

Hampir setiap jenis buah biasanya akan langsung masuk ke kulkas segera setelah dibeli. Namun tahukah Anda bahwa buah-buahan seperti pisang dan apel sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan? Apel yang diletakkan di kulkas memang jauh lebih awet, meski terkadang berisiko berubah keriput kecoklatan atau bahkan terlupakan di sudut terdalam kulkas. Untuk menyiasati cara menyimpan makanan tanpa kulkas, belilah apel dalam jumlah sedikit dan simpan di lemari dapur. Buah pisang yang belum matang bahkan tidak disarankan untuk dimasukkan ke dalam kulkas karena akan menghambat proses pematangan alami. Untuk menyimpan buah pisang dan apel sebaiknya dipisahkan dalam wadah tertutup karena keduanya menguarkan gas etilen yang mampu membuat produk segar lainnya menjadi lebih cepat matang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kombinasi Unik Thai Food dan Wine
Trik Khusus Menyimpan Makanan Tanpa Kulkas | Breaktime
Contoh rak penyimpanan bahan pangan di luar lemari es

Pendapat berbeda juga sering muncul soal cara menyimpan cake yang terbaik. Faktanya, cake berjenis frosted maupun unfrosted, dalam keadaan utuh maupun telah dipotong-potong sekalipun bisa dengan aman disimpan dalam suhu ruangan hingga beberapa hari. Penyimpanan cake di dalam kulkas hanya perlu dilakukan apabila B’timers tinggal di tempat yang cenderung berhawa panas, terutama untuk cake yang perlu disimpan dalam durasi lebih dari 3 hari.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Sehat & Praktis Menyimpan Makanan di Kulkas

Salah satu jenis bumbu seperti kemangi tergolong sensitif terhadap paparan suhu dingin sehingga tidaklah sesuai untuk disimpan di dalam lemari es. Kemangi juga menguarkan gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan buah namun membuat sayur lainnya cepat membusuk. Anda bisa menyimpan kemangi di suhu ruangan dengan memotong bagian akar lalu mencelupkan ke gelas tinggi berisi air. Tutup bagian daun dengan kantung plastik lalu letakkan seperti biasa di kitchen counter.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Praktis Mengupas dan Mengiris Bawang Merah

Madu termasuk salah satu bahan pangan yang tak perlu disimpan di kulkas dan dapat bertahan awet di suhu ruangan. Selain itu, menyimpan madu di dalam lemari es juga dapat membuatnya kaku dan harus didiamkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Selain madu, tahukah Anda bahwa menyimpan soy sauce hingga aneka olesan seperti salad dressing, selai coklat, selai buah, hingga marmite tidak perlu memanfaatkan lemari es? Selain menjadi kaku dan tidak bisa segera digunakan, aneka bahan tersebut biasanya diproduksi dengan bahan pengawet alami, seperti kandungan garam pada marmite maupun keasaman buah pada selai buah.

Teknik menyimpan makanan tanpa kulkas juga bisa diterapkan pada acar sayur dan acar buah karena kedua bahan tersebut mengandung bahan pengawet alami sehingga bisa tetap aman disimpan aman dalam suhu ruangan. Semoga B’timers tak lagi salah-kaprah dalam menyimpan aneka bahan tersebut ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE