Trik Agar Keripik Kentang Buatan Sendiri Renyah | Breaktime
Trik Jitu Agar Keripik Kentang Buatan Sendiri Renyah Saat Digigit
05.01.2016

Mengunyah camilan atau makanan ringan sambil menonton film di komputer memang terasa sangat sempurna. Apalagi jika camilan tersebut buatan sendiri. Selain bisa menyesuaikan rasa dengan selera, menikmati makanan ringan buatan sendiri bisa menimbulkan kepuasan yang cukup berarti.

Berbicara soal makanan ringan, keripik kentang adalah salah satu camilan yang paling banyak digemari. Banyak toko makanan, minimarket maupun supermarket yang menjual berbagai macam olahan keripik kentang dari berbagai macam produsen. Jika Anda termasuk pecinta keripik kentang, jangan suka membeli saja, B’timers! Anda juga bisa membuat sendiri camilan keripik kentang di rumah.

Lalu bagaimana jika keripik kentang buatan Anda tidak sesuai dengan harapan, B’timers? Memang, selain ingredient yang tepat, memasak juga memerlukan keahlian khusus. Bahkan tak sedikit yang mengatakan bahwa rasa makanan tergantung pada tangan yang membuatnya. Namun, pernyataan tersebut bisa saja terbantahkan jika Anda mempelajari tips dan trik membuat keripik kentang Anda enak dan renyah seperti buatan pabrik ternama lho, B’timers!

Membuat keripik dari bahan apapun, kunci utama agar keripik tersebut terasa renyah saat digigit terletak pada ketebalannya. Idealnya, keripik memerlukan ketebalan kurang dari 1/8 inci. Agar ketebalan tiap irisan sama rata, Anda bisa menggunakan bantuan alat parutan keripik.

Trik Agar Keripik Kentang Buatan Sendiri Renyah | Breaktime
Kapur sirih untuk merendam kentang sebelum digoreng

Rahasia lainnya agar keripik kentang Anda renyah terletak pada campuran apa yang Anda gunakan untuk merendam irisan kentang sebelum digoreng. Nah, menurut sebagian besar produsen kentang profesional, campuran terbaik untuk merendam irisan kentang agar menghasilkan keripik yang renyah adalah kapur sirih. Campurkan saja kapur sirih dengan perbandingan 1 : 2. Misalnya, jika Anda membuat keripik kentang sebanyak 1 kg, maka campurkan 2 sendok teh kapur sirih dan air secukupnya.

Setelah direndam beberapa saat, angkat irisan kentang dari air kapur. Sebelum digoreng, pastikan kentang tersebut benar-benar kering dari air. Hal ini dimaksudkan agar kandungan air berkurang dan tingkat kelembaban kentang menurun. Anda bisa mengeringkan kentang tersebut dengan meletakkan di atas handuk bersih dan kering, kemudian gulung dan tekan pelan-pelan agar kentang tidak pecah dan patah.

Trik Agar Keripik Kentang Buatan Sendiri Renyah | Breaktime
Penggorengan keripiki kentang harus dilakukan secara bertahap

Masuk pada proses penggorengan, Anda harus menggoreng keripiki kentang Anda secara bertahap jika ingin keripik Anda renyah. Bertahap yang dimaksud di sini adalah pengaturan suhu panas minyak goreng yang Anda gunakan. Pertama-tama, goreng keripik kentang Anda dengan panas minyak 90 derajat, kemudian goreng di penggorengan kedua dengan panas minyak 175 derajat. Hal ini ditujukan agar kandungan air benar-benar hilang sehingga keripiki kentang bisa kering dan renyah sempurna.

Nah, semoga tips dan trik tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda ya, B’timers. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (nap) 

Share This Article