Trik Dapur Tetap Bersih Seperti Dapur Restoran | Breaktime
Trik Dapur Tetap Bersih Seperti Dapur Restoran
28.11.2017

Pernahkah B’timers melihat masuk ke dalam dapur restoran? Jika belum pernah, mungkin Anda melihat dapur sebuah restoran dari televisi, media sosial, atau mungkin restoran dengan konsep dapur di bagian depan. Mereka akan selalu terlihat bersih pasti. Mungkin banyak di antara Anda yang bertanya-tanya, bagaimana bisa setiap hari memasak namun dapurnya tetap kinclong? Rupanya mereka punya rahasia yang bisa membuat keadaan dapur tetap bersih.

Cara menjaga dapur tetap bersih rupanya tak sulit. Moms bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Dengan itu pasti dapur Anda bisa sebersih dapur restoran. Kitchen set memang butuh bahan-bahan khusus untuk dibersihkan dari noda-noda berminyak atau apapun yang dihasilkan dari makanan dan bahan-bahannya. Nah, berikut ini rahasia yang dipakai oleh para chef restoran untuk membuat dapur mereka tetap higienis.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Olahan Kopi Unik yang Tak Melulu Diminum

Noda berminyak akan selalu ada di dapur. Memang cukup sulit untuk menghilangkannya. Tetapi, B’timers bisa menggunakan irisan lemon untuk mengatasi hal ini. Lemon memang bertindak sebagai penghapus lemak. Potong lemon menjadi dua dan letakkan di antara kain lap dengan keadaan lemon menghadap ke arah bawah. Gosokkan secara perlahan pada stovetop dapur yang punya noda lemak.

Sebagai koki mungkin Anda juga bisa terkena noda seperti saus, kecap, atau bahan-bahan lainnya. Cara yang paling ampuh menghapus noda membandel pada warna putih adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida. Gosok dengan hidrogen peroksida dan beberapa tetes sabun cuci sebelum mencucinya.

Trik Dapur Tetap Bersih Seperti Dapur Restoran | Breaktime
Lemon jadi bahan paling ampuh bersihkan dapur kotor
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Memasak Kalkun, Burung Raksasa Dari Amerika

Nah, saat memasak menggunakan panci, Anda pasti pernah menemukan panci yang gosong terkena api. Ini sangat tidak indah untuk dapur Anda. Biasanya ibu-ibu di rumah akan menggunakan abu gosok, namun tetap saja tak akan hilang. Kali ini, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat panci kembali seperti baru. Rebus panci dengan sabun cuci piring. Isi air setengah, kemudian tambahkan satu tetes sabun cuci piring, dan letakkan di atas kompor. Panaskan dan biarkan mendidih. Gunakan spatula untuk menggosok potongan-potongan hangus di dalam panci. Terakhir, bilas dengan air panas dan panci pun terlihat seperti baru.

Setelah membuat kopi juga biasanya akan meninggalkan noda hitam atau cokelat. Ini biasanya terjadi di bagian bawah pot. Anda bisa menghilangkannya dengan larutan air, garam, dan lemon. Larutkan dalam air panas atau air hangat. Kemudian Anda bisa membersihkan bagian dalamnya. Kocok-kocok dan buang. Teko kopi pun bisa bersih kembali.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Aneh di Indonesia Bikin Bergidik Geli

Satu lagi hal yang paling menyebalkan saat berada di dapur. Yap, apalagi kalau bukan tumpahan minyak di lantai atau mungkin di atas kitchen set. Cara yang paling ampuh untuk membersihkan ini adalah menutupinya dengan butiran garam. Butiran garam akan menyerap minyak dan membuatnya lebih mudah dilap. Lakukan hal tersebut secara berulang hingga bersih kembali.

Itulah Moms beberapa trik untuk membuat dapur bisa sebersih dapur restoran berbintang. Ternyata nggak sulit ya untuk menjaga kebersihan dapur. Sekarang B’timers tahu rahasianya.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE