Trik Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar | Breaktime
Trik Cerdas Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar
09.01.2016

Menyimpan buah dan sayur memang terlihat mudah dan sederhana. Tapi, tahukah B’timers bahwa cara menyimpan yang tidak tepat akan membuat buah dan sayur lebih cepat layu ataupun busuk. Untuk itu, perhatikan dengan benar cara menyimpannya.

Sayur berdaun

Untuk menyimpan sayur berdaun seperti bayam, sawi, dan kangkung, siapkan tisu penyerap ataupun kertas handuk. Kelembaban berlebih akan membuat sayuran lebih cepat layu. Nah, tisu akan menyerap kelembaban yang terjadi, sekaligus membuat sayuran Anda lebih tahan lama. Anda juga tak perlu sering-sering membersihkan kulkas dari sayuran yang membusuk.

Kentang

Untuk menyimpan kentang agar tetap segar, Anda memerlukan sebuah apel. Apel akan menghasilkan gas etilen yang dapat membuat kentang tetap segar. Simpan kentang dalam kantong kertas, kemudian letakkan apel di bagian atasnya.

Trik Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar | Breaktime
Mencuci buah dengan cairan cuka akan memperlambat pembusukan

Buah-buahan

Untuk menyimpan buah segar, sebaiknya jauhkan dari apel. Gas etilen yang dihasilkan oleh apel memang baik untuk menjaga kesegaran kentang, tapi buruk bagi buah-buahan yang lain. Oleh karena itu, pisahkan apel dengan buah-buahan lain ketika Anda menyimpannya didalam kulkas.

Selain menjauhkan dari apel, untuk membuat buah-buahan lebih awet, Anda bisa memanfaatkan cuka. Siapkan secangkir cuka yang dicampur dengan tiga cangkir air. Kemudian, bilas buah-buahan dengan cairan tersebut, keringkan, dan simpan di kulkas. Cairan ini akan membantu membunuh spora jamur dan bakteri yang menjadi penyebab pembusukan.

Pisang

Agar lebih mudah menyimpannya, beberapa orang terbiasa untuk memetik tiap pisang dari batangnya. Padahal membiarkan pisang tetap menempel pada batangnya akan menghentikan perubahan warna coklat pada pisang. Simpan pisang dengan keadaan menempel pada batang dan petik atau patahkan tiap Anda akan memakannya, ini akan membuat pisang mampu bertahan hingga 3 sampai 5 hari.

Tomat

Tomat sebaiknya tak disimpan dalam kulkas untuk mempertahankan rasa dan teksturnya. Selain tomat, kentang dan bawang sebaiknya juga tidak disimpan dalam kulkas. Anda bisa menyimpannya di tempat sejuk dan jauh dari jangkauan matahari.

Trik Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar | Breaktime
Simpan rumput dan daun herbal dalam minyak zaitun beku

Rumput atau daun herbal

Rumput atau daun herbal seringkali cukup sulit didapatkan. Untuk itu, menyimpannya pun harus tepat agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan optimal. Cara terbaik untuk menyimpannya adalah menggunakan minyak zaitun. Letakkan herbal dalam sebuah wadah, tuangkan minyak zaitun, kemudian bekukan. Penyimpanan dengan cara ini akan membuat daun herbal bertahan hingga sebulan.

Seledri

Saat membeli seledri, Anda akan mendapatkannya dalam wadah plastik atau kertas. Tapi, jika ingin lebih awet, Anda bisa mengganti wadah asli dengan aluminium foil. Aluminium foil akan menjauhkan gas perusak kesegaran dari seledri, sehingga seledri akan tetap segar dalam waktu yang lama.

Yuk B’timers, simpan sayur dan buah dengan cara yang tepat, agar tetap awet dan segar! (dfr)

Share This Article