Trik Ajaib Atasi Payudara Bengkak Ibu Menyusui! | Breaktime
Trik Ajaib Atasi Payudara Bengkak Ibu Menyusui!
08.08.2017

Kubis merupakan sayuran yang umum dikonsumsi oleh seluruh orang di dunia. Berbagai olahan kubis pun juga banyak. Mulai dari direbus, ditumis, hingga dimakan mentah. Kubis sendiri merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya akan vitamin K, vitamin C, dan serat. Nyatanya sayuran hijau ini tidak hanya menjadi bahan makanan saja, tetapi juga sudah sejak lama kubis menjadi tanaman obat.

Kubis banyak dijadikan sebagai obat sakit perut, asam lambung, dan gangguan perut lainnya. Namun, baru-baru ini ditemukan fakta baru bahwa kubis ampuh digunakan untuk mengatasi masalah nyeri payudara pada ibu menyusui. Apakah moms pernah mendengar hal ini?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Alasan Kenapa Masakan Manado Bercita Rasa Pedas

Setelah melahirkan, tentu tugas selanjutnya seorang ibu adalah menyusui. Nah, kebanyakan ibu menyusui akan mengalami rasa nyeri akibat ASI yang tak terbendung. Tak hanya nyeri, payudara Anda juga akan terasa berat, karena membengkak. Jika metode lain tidak bisa mengurangi produksi payudara Anda, maka cobalah menggunakan daun kubis ini.

Bagaimana cara menggunakannya? Mudah saja. Moms hanya perlu meletakkan beberapa lembar daun kubis di dalam freezer selama kurang lebih 15 menit. Kemudian keluarkan dan letakkan daun kubis menutupi payudara Anda. Gunakan juga bra yang nyaman untuk meletakkan daun kubis dengan sempurna. Tidak lama, Anda akan merasa sangat nyaman dan rasa nyeri perlahan hilang. Pertahankan hingga daunnya mulai hangat dan layu. Lakukan saja sampai rasa nyeri hilang dan payudara tidak terlalu bengkak.

Meski begitu jangan terlalu lama dalam mengompres payudara dengan kubis, karena nantinya justru akan menimbulkan bau tidak sedap. Setelah selesai, cuci payudara dengan air sabun hangat. Tapi ingat, jangan mencuci puting Anda dengan air sabun tersebut, lho moms.

Lalu apa yang membuat kubis mampu mengempeskan payudara bengkak ketika menyusui? Ini karena daun kubis dingin memiliki sifat analgesik yang memang mampu meredakan rasa sakit. 

Trik Ajaib Atasi Payudara Bengkak Ibu Menyusui! | Breaktime
Kubis ampuh meredakan payudara bengkak
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hii, Bakteri Berkumpul di Alat-Alat Dapur Ini

B’timers juga harus tahu apa yang menyebabkan payudara membengkak pada periode menyusui. Ada beberapa faktor tentunya. Pertama dari faktor ibunya sendiri. Pembengkakan terjadi bisa dikarenakan oleh beberapa hal.

  1. Posisi dan peletakkan ketika menyusui bayi tidak tepat.
  2. Memberikan bayi suplementasi PASI pada empeng/dot.
  3. Membatasi penyusuan atau jarang menyusui bayi.
  4. Payudara tidak normal, misalnya saja saluran ASI tersumbat.
  5. Stress.
  6. Kecapekan.

Faktor dari bayinya sendiri juga bisa menjadi penyebab payudara membengkak. Apa saja, ya kira-kira?

  1. Buah hati tidak menyusu dengan efektif.
  2. Bayi mengalami sakit, misalnya bayi kuning/jaundice.
  3. Menggunakan pacifier/dot.
  4. Bayi terlahir dengan kondisi khusus yang membutuhkan bantuan teknik menyusui.

Nah, selain mengatasinya dengan kubis, moms juga bisa melakukan beberapa cara berikut ini dalam mengatasi pembengkakan dan rasa nyeri berlebih pada payudara saat menyusui.

Pertama, Anda harus tetap menyusui secara rutin dan efektif untuk mengindikasi adanya gumpalan susu pada payudara. Rasa sakit dan nyeri itu memang akan terasa. Namun menyusui bisa jadi solusi yang tepat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kaget, Harga Buku Menu Masakan Harian Indonesia!

Melakukan pijat payudara juga bisa dilakukan. Hal ini bisa dipraktekkan untuk mengurangi rasa nyeri. Caranya adalah dengan memijat dari bagian luar payudara ke puting. Anda juga bisa makan bawang putih yang berfungsi sebagai antibiotik alami yang aman saat menyusui.

Istirahat juga jadi solusi terakhir Anda mengatasi mastitis. Apa itu mastitis? Ya, itu tadi, mastitis merupakan infeksi pada sel payudara yang disertai dengan rasa nyeri dan pembengkakan. Jadi, moms tak perlu khawatir jika mengalami hal-hal ini pada periode menyusui, karena kubis dan cara-cara lainnya bisa sangat membantu. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE